16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |   06:00 . Kemendag Luncurkan MINYAKITA Rp14 Ribu per Liter, Lebih Murah dari Migor Curah di Tuban   |   05:00 . Semi Final: Kesebelasan PP Al Himah Kerek Gunakan Formasi ini Melawan Salafiyah Kholidiyah Plumpang   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pasang Colok di Malem Songo, Jadi Tradisi Masyarakat Tuban Jelang Idul Fitri

bloktuban.com | Saturday, 30 April 2022 12:00

Pasang Colok di Malem Songo, Jadi Tradisi Masyarakat Tuban Jelang Idul Fitri Colok terpasang di depan rumah warga di Kecamatan Widang. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1443 H, sebagian masyarakat di Indonesia memiliki banyak kegiatan baik keagamaan ataupun tradisi peninggalan nenek moyang. Salah satunya ialah tradisi memasang atau menyalakan colok di malem songo atau malam ke 29 bulan puasa. 

Kendati tradisi pasang colok di malem songo sudah mulai ditinggalkan, akan tetapi masih ada sebagian masyarakat di Kabupaten Tuban yang tetap melestarikannya. Salah satunya, masyarakat yang ada di Kecamatan Widang

Menurut salah seorang warga yang masih melestarikan tradisi ini, Sundari mengatakan jika tradisi tersebut merupakan kebiasaan turun temurun yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. 

“Sudah jadi tradisi dari dulu sejak kecil sudah dibiasakan, setiap malem songo nyalakan api di sekitar rumah. Kalau tepatnya sejak kapan tradisi ini kurang tahu,” katanya kepada blokTuban.com, Sabtu (29/4/2022). 

Biasanya tradisi pasang colok pada malem songo di daerah ini, dilakukan dengan mematikan seluruh lampu rumah dan menggantinya dengan colok yang terbuat dari kayu dilapisi dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam minyak tanah, dimulai saat adzan maghrib tiba. 

Selain itu, biasanya colok atau obor yang sudah dinyalakan diletakkan di depan atau sekeliling rumah. Tradisi pasang colok jelang lebaran ini sendiri merupakan rutinitas pelestarian dan wujud ungkapan rasa syukur dan bahagia atas datangnya hari raya Idul Fitri. 

“Sebelum adzan maghrib sudah mulai dipasang obornya dan lampu-lampu rumah dimatikan, jadi ini memang sudah tradisinya seperti itu,” katanya. 

Sementara itu, dilansir dari beberapa sumber jika tradisi pasang colok juga diyakini sebagai wujud penghormatan terhadap para leluhur yang telah tiada. Sebab, pada waktu itu masyarakat menyakini jika para leluhur pulang ke rumah dan berkunjung ke sanak saudara yang masih hidup. 

Oleh karena itu, memasang colok pada malem songo di pinggir jalan atau sekeliling rumah, juga dimaksudkan menjadi penerang bagi arwah nenek moyang untuk pulang. [Sav/Ali]

 

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Colok, Malam songo, tradisi Ramadan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat