Widi Yulyan, Brand Lokal Tuban yang Gunakan Bahan Sustanaible Fashion

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sustanable fashion atau yang biasa dikenal dengan fashion berkelanjutan 

merupakan produk yang menggunakan bahan alami, serat alami, serta pewarnaan alam di dalamnya. Dengan menggunakan teknik khusus untuk mengurangi polusi lingkungan. 

Oleh karena itu, para pengrajin pakaian yang mengusung konsep sustanaible fashion ini dinilai lebih memperhatikan lingkungan. Maka tak heran, jika saat ini konsep sustanable fashion semakin banyak digalakkan oleh brand-brand lokal di Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Tuban sendiri. 

Salah satu brand lokal Tuban yang mengusung konsep sustanaible fashion ialah brand fashion Widi Yulyan yang terletak di Desa/Kecamatan Rengel tepatnya di samping Goa Ngerong. 

Menurut Yuli Tri Widianti, Owner Widi Yulyan sekaligus desaigner fashion jika untuk dapat menghasilkan pakaian yang ramah lingkungan maka perlu menggunakan bahan ataupun pewarna alami. 

“Biasanya saya yang pakai pewarna alam untuk kapsul collection (koleksi khusus) saja, jadi nggak setiap koleksi akan muncul itu terus, kalau yang lainnya lebih ke bahan-bahannya yang ramah lingkungan,” katanya kepada blokTuban.com Kamis (14/4/2022). 

Bahan-bahan ramah lingkungan tersebut lanjutnya, seperti bahan rayon, cotton, ataupun linnen. Sebab, ketiga bahan tersebut dinilai lebih cepat terurai oleh tanah sehingga saat pakaian tidak lagi digunakan, maka tidak mencemari lingkungan dalam waktu yang lama. 

Karena masih belum memiliki karyawan, biasanya untuk satu model pakaian Widi bisa menghabiskan waktu sehari untuk memproduksinya, tergantung dari kerumitan desaignnya itu sendiri. 

“Target untuk model bajunya sendiri di usia 22 sampai 33 tahun targetnya. Jadi bisa dipakai buat anak kuliahan, jadi nggak terlalu dewasa dan anak-anak,” terangnya. 

Selain kualitas pakaian yang terjaminn bagus, harga yang ditawarkannya juga terjangkau. Pasalnya, untuk satu baju dengan konsep sustanable fashion miliknya dibandrol dengan harga Rp170 ribu hingga Rp250 ribu saja per potongnya. 

Tidak hanya ramah lingkungan saja, pakaian yang terbuat dari bahan alam juga memiliki beberapa keunggulan lain. Seperti warna yang cenderung lebih awet serta dapat meminimalisir alergi karena cocok untuk semua jenis kulit.

“Warnanya bakal berubah tapi dalam waktu yang lama, biasanya kalau pewarna seperti kaos-kaos begitu kan warnanya cepat banget berubah,’’ tambahnya.

Kalau pewarna alam dia, lanjutnya, punya  kelebihan juga warnanya akan pudar tapi waktunya lebih lama dari bahan-bahan lain. Kalau pewarna alam cocok untuk semua jenis kulit, biasanya kan ada yang alergi terhadap apa gitu, nah untuk pewarna alam cocok untuk semua jenis kulit.

Untuk dapat mewarnai pakaian menggunakan bahan alam Widi mengaku jika sempat mengalami beberapa kendala sebelumnya. Seperti warna kain yang tidak bisa keluar ataupun warna kain yang luntur. 

Oleh karena itu, ia sangat bersyukur jika masa tersebut sudah terlewat dan berharap dengan adanya Widi Yulyan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk orang-orang disekitar lingkungannya. 

“Harapannya bisa lebih bermanfaat untuk orang sekitar, kalau merecruite karyawan kan bisa membuka lapangan pekerjaan barus, terus semoga Widhi Yulyan juga bisa lebih dikenal oleh banyak orang,” tutupnya. [sav/ono]