Mengisi Waktu Puasa dengan Mencari Ikan di Kali Jembatan Merah

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Selain dengan mengaji dan beribadah, mengisi waktu Ramadan juga dapat diisi dengan hal-hal lain yang juga tak kalah bermanfaat. Salah satu cara yang dapat kita tiru adalah kegiatan waga sekitar Jembatan Merah, di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang.

Setiap harinya di lokasi ini banyak orang orang mengisi waktu puasa mereka dengan mencari ikan. Menurut salah satu pencari ikan, Murtadho (50) asal Desa Plandirejo, kegiatan ini dilakukan untuk mengisi waktu luang saat puasa dan sukur-sukur dapat ikan banyak bisa buat lauk berbuka dan juga dapat dijual. Dia biasanya mencari ikan dengan jala saat pekerjaan sawah telah usai.

 “Mencari ikan sebagai sampingan dan mengisi waktu luang mas jika pekerjaan sawah telah selesai dan sekiranya masih banyak waktu maka saya manfaatkan untuk mencari ikan,” ucap Murtadho kepada blokTuban.

Menurut dia, yang diperbolehkan menjala ikan di tempat itu hanya warga sekitaran Jembatan Merah. Sebab, dari jembatan ke timur itu lokasi warga sekitar mencari ikan. Alasan lain, karena memang yang membersihkan lahan untuk menjala itu warga sekitar. Warga yang bukan dari sekitaran diperbolehkan menjala ikan jika lokasi menjala mereka berada di sebelah barat  jembatan.

Warga luar daerah boleh mengambil ikan  di timur jembatan jika mereka menggunakan alat pancing. Untuk banyaknya ikan yang didapat Murtadho juga tidak menentu.

‘’Kadang dapat lumayan kadang juga tidak dapat, tapi semua dilakukkan dengan senang hati,’’ katanya.[nur/ono]