13:00 . Serunya Lomba Estafet Karet Gelang di Lapas Tuban   |   12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Peninggalan Mbah Sekar Mlati Menjadi Cikal Bakal Nama Plumpang

bloktuban.com | Sunday, 10 April 2022 13:00

Peninggalan Mbah Sekar Mlati Menjadi Cikal Bakal Nama Plumpang Batu Alu dan Lumpang di area Makam Islam Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Tuban. (Foto:Lis/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Setiap daerah pastinya memiliki sejarah yang panjang terkait nama daerah, kultur budaya, ataupun agamanya. Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban misalnya. 

Hingga sekarang, asal mula nama Plumpang dipercaya oleh masyarakat berasal dari nama Alu dan Lumpang. Dua kata tersebut diperkuat dengan penemuaan situs atau peninggalan yang berupa Alu dan Lumpang di sebuah makam Islam desa. 

Informasi dari pengurus makam, sejak dulu mereka tidak memiliki catatan kapan persisnya situs tersebut ditemukan. Dua tahun terakhir, situs Alu berhasil ditemukan oleh warga dan sekarang benda tersebut disimpan oleh Mustakrom. 

"Dulu setelah pemugaran situs ini sering dilakukan tahlil rutin setiap malam jumat pahing setelah isya'. Setelah berjalan satu setengah tahun ada seseorang misterius yang memberikan alu batu ini kepada saya,” ucap Mustakrom mendahara makam kepada blokTuban.com, Minggu (10/4/2022). 

Sebelum ditemukannya alu tersebut, lanjut Mustrakrom bahwa pengurus makam sudah diberi nasehat oleh sesepuh desa bahwa alunya akan segera kembali. 

"Sudah waktunya kembali alu tersebut," imbuhnya menirukan pesan sesepuh desa. 

Sementara itu, Warkun ketua makam menambahkan, dulunya Alu dan Lumpang dimiliki oleh Mbah Krapyak Sekar Mlati. Tokoh perempuan tersebut biasa menggunakan alunya untuk meracik sebuah jamu.

Meskipun sosok Mbah Krapyak dihormati oleh warga Plumpang sejak dulu, akan tetapi makamnya sendirri belum ditemukan sampai sekarang.

Perlu diketahui, di dinding luar Alu terdapat sebuah ukiran yang mana pengurus makam tidak bisa memastikan apaka tulisan tersebut prasasti atau sebuah ukiran hiasan. Sedangkan untuk Lumpangnya berada di titik tengah Desa Plumpang, persisnya di dalam rumah Jumain.  

Lumpang tersebut memiliki ukuran lebih kecil dari pada yang berada di makam tetapi kondisinya lebih bagus dan tidak pecah. 

Dulu Jumain mengaku sempat memiliki keinginan untuk mengangkat Lumpang tersebut. Baru setelaha dirinya meminta izin kepada Tuhan YME akhirnya dimudahkan. Setelah terangkat Lumpang tersebut memiliki kaki-kaki berbentuk bulat sebanyak empat buah. Uniknya lumpang tersebut akan kembali ke tempat asalnya, meskipun sudah dipindah. 

Keberaadaan batu Alu dan Lumpang itulah menjadi cikal bakal di berinya nama Desa Plumpang. Harapannya warga segera ada riset mendalam dari Pemerintah, supaya benda lebih jelas dan terawat. [Lis/Ali]

 

Tag : Batu Alu Lumpang, Cikal Bakal Plumpang, Makam Islam Desa, Sesepuh desa, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat