15:00 . Warga Tuban Serbu Pasar Murah Berhadiah Gula Pasir   |   14:00 . 20 BUMDesa Tuban Pamer Produk di Event Besti, Pedagang Kebanjiran Berkah   |   13:00 . Peringatan 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Khofifah Harapkan Keberkahan   |   12:00 . Kantor Kejari Tuban Dipenuhi Karangan Bunga, Dukung Pelaporan Alvin Liem   |   11:00 . Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo   |   10:00 . Festival Batik Pantai Semilir 2022 || Pantai SEMILIR   |   09:00 . Empat Film Bioskop NSC Tuban di Akhir Pekan, Pilih yang Mana!   |   08:00 . Prediksi Cuaca Tuban 24 September 2022: Sore Hari Hujan Ringan dan Berawan Tebal   |   07:00 . BPS Laporkan Penurunan Kunjungan Wisata Mancanegara di Jatim   |   06:00 . KONI Jatim Libatkan Hope Physioteraphy di Puslatda Jelang PON XX 2024   |   05:00 . Hadiri 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Gubernur Khofifah Dijadwalkan Gowes hingga Tanam Mangrove   |   23:00 . Desa Jlodro Tuban Mencekam, Berawal dari Sakit Hati Kakek Bacok Tetangganya hingga Tewas   |   22:00 . Pengurus IKAMI ATTANWIR Tuban Dilantik, Ketum : Kita Harus Kompak dan Semangat   |   21:00 . Diduga Cemarkan Intitusi Kejaksaan di Youtube, Persaja Tuban Laporkan Alvin Liem ke Polisi   |   20:00 . Jadi Souvenir G20, Menparekraf RI Puji Produk Teh Herbal Binaan Pertamina   |  
Sun, 25 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Inilah Ide Munculnya Gerakan Koin untuk Budaya Loka Tuban

bloktuban.com | Thursday, 31 March 2022 12:00

Inilah Ide Munculnya Gerakan Koin untuk Budaya Loka Tuban Kondisi plafon gedung Budaya Loka Tuban. (Foto:Ist)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tagar koin untuk Budaya Loka belakangan santer digaungkan oleh masyarakat yang rindu akan kesenian di Kabupaten Tuban. Rencanannya pengumpulan koin akan dimulai pekan depan, dan per 10 April 2022 jumlah koin yang terkumpul diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Tuban. 

Setelah menemui tiga seniman yang mendukung dalam gerakan Koin untuk Budaya Loka itu, blokTuban.com mendapatkan cerita menarik soal ide pertama yang mendasari kegiatan sosial tersebut. 

"Ide muncul dari keprihatinan kami atas gedung Budaya Loka yang tutup selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Kondisinya kumuh, dan banyak plafon yang jebol," ujar Siswandi seniman Tuban mengawali perbincangangannya di salah satu warung kopi di Jl Dr. Wahidin Sudirohusodo Tuban, Kamis (31/3/2022). 

Bagi seniman Tuban, keberadaan gedung kesenian yang berdekatan dengan Taman Sleko pusat Car Free Night itu sangat penting. Ketika melihat sisi historisnya ada banyak kenangan di gedung tersebut. 

"Sudah menjadi rumah bersama untuk menjamu tamu seniman dari luar kota Tuban," sambung Isnan cinematografer Tuban menimpali cerita Siswandi. 

Cerita dari tokoh seniman terdahulu, lanjut Siswandi bahwa berdirinya gedung Budaya Loka konon dari iuran warga. Berawal dari hibah tanah seorang pamong waktu itu, akhirnya mendorong masyarakat ikut serta sumbangsing yang dimiliknya baik berupa material ataupun tenaga. 

Mewakili seniman, Siswandi menilai Gedung Budaya Loka tidak harus ditutup selama pandemi. Ekonomi harus tetap berjalan melalui jalan kesenian. Keputusan menutup gedung tersebut, sangat disayangkan karena kesannya pemangku kebijakan mencari sisi aman. 

"Padahal anak muda di Tuban punya potensi di kesenian luar biasa. Saat Budaya Loka ditutup anak-anak tidak bisa berproses dan menyalurkan hobi serta karyanya," imbuhnya. 

Saat gedung Budaya Loka masih eksis, seniman sangat menggunakan fasilitas publik tersebut. Misalnya kegiatan parade teater satu tahun sekali, dan festival teater pelajar juga setahun sekali. Selain itu, juga sering ada kunjungan dari Unesa hingga Jogja ke Tuban untuk pentas kesenian. 

"Tak hanya teater, teman-teman musik, pameran seni rupa, film, dan diskusi juga asyik berproses di gedung tersebut," jelasnya. 

Menjawab pertanyaan Gedung Budaya Loka untuk siapa, Siswandi menginginkan difungsikan sebagaiman mestinya yaitu untuk kegiiatan seni budaya. Realitanya, Budaya Loka beralih fungsi menjadi gedung serba guna, yaitu untuk semua kegiatan seperti resepsi pernikahan, hingga penyelanggaraan tes perangkat desa. [Ali]

 

 

 

 

 

Tag : Gedung Biudaya Loka, Koin untuk Budaya Loka, Seniman Masyarakat Bergerak, Galang Koin, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat