15:00 . Warga Tuban Serbu Pasar Murah Berhadiah Gula Pasir   |   14:00 . 20 BUMDesa Tuban Pamer Produk di Event Besti, Pedagang Kebanjiran Berkah   |   13:00 . Peringatan 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Khofifah Harapkan Keberkahan   |   12:00 . Kantor Kejari Tuban Dipenuhi Karangan Bunga, Dukung Pelaporan Alvin Liem   |   11:00 . Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo   |   10:00 . Festival Batik Pantai Semilir 2022 || Pantai SEMILIR   |   09:00 . Empat Film Bioskop NSC Tuban di Akhir Pekan, Pilih yang Mana!   |   08:00 . Prediksi Cuaca Tuban 24 September 2022: Sore Hari Hujan Ringan dan Berawan Tebal   |   07:00 . BPS Laporkan Penurunan Kunjungan Wisata Mancanegara di Jatim   |   06:00 . KONI Jatim Libatkan Hope Physioteraphy di Puslatda Jelang PON XX 2024   |   05:00 . Hadiri 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Gubernur Khofifah Dijadwalkan Gowes hingga Tanam Mangrove   |   23:00 . Desa Jlodro Tuban Mencekam, Berawal dari Sakit Hati Kakek Bacok Tetangganya hingga Tewas   |   22:00 . Pengurus IKAMI ATTANWIR Tuban Dilantik, Ketum : Kita Harus Kompak dan Semangat   |   21:00 . Diduga Cemarkan Intitusi Kejaksaan di Youtube, Persaja Tuban Laporkan Alvin Liem ke Polisi   |   20:00 . Jadi Souvenir G20, Menparekraf RI Puji Produk Teh Herbal Binaan Pertamina   |  
Sun, 25 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jarang Disadari, Ini Penyebab Handphone Mati Total dan Tidak Bisa di Charger

bloktuban.com | Saturday, 09 April 2022 12:00

Jarang Disadari, Ini Penyebab Handphone Mati Total dan Tidak Bisa di Charger Ilustrasi smartphone yang kehabisan daya baterai. (Foto:Ist)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada era yang semakin modern, segala urusan masyarakat lebih di mudahkan oleh kecanggihan teknologi. Salah satu teknologi yang dianggap paling penting oleh masyarakat ialah Smartphone. 

Sebab, dengan adanya smartphone masyarakat bisa saling terhubung dan memiliki pengetahuan lebih luas melalui jejaring internet yang merupakan sumber dari segala informasi. Namun, dalam penggunaan smartphone juga tidak luput dari masalah, karena sewaktu-waktu bisa rusak karena beberapa kesalahan teknis dari pemiliknya. 

Salah seorang teknisi Handphone yang berada di Kecamatan Plumpang, Muhammad Nur Qomari mengatakan, kebanyakan masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone ialah handphone yang tiba-tiba mati total dan tidak bisa di charger. Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan tersebut, perlu tahu apa saja faktor-faktor yang dapat menyebabkan kan handphone menjadi matot alias mati total. 

"Kasus kerusakan yang paling banyak yaitu Hp mati. Faktornya banyak, salah satunya karena ketahuan selingkuh dan Hp dibanting," ungkapnya kepada blokTuban.com, Sabtu (9/4/2022). 

Artinya, penyebab dari handphone rusak tersebut karena human eror seperti terbanting. Selain itu, lanjut Qomari faktor lainnya ialah overheat yaitu pemakaian yang berlebihan sehingga Hp cenderung menjadi panas dan berada di suhu tinggi. Jika hal ini dibiarkan, maka bisa berakibat fatal. Panas yang dihantarkan dapat merusak komponen-komponen yang ada didalam Hp dan beresiko sangat fatal salah satunya mati total. 

Faktor penyebab Hp mati total berikutnya adalah water damage yang disebabkan karena terkena air. Pasalnya Hp yang mati total juga bisa disebabkan oleh konslet yang juga dapat merusak komponen serta performa pada ponsel kita. 

"Penyebab lain karena Overheat, waterdamage, over charging terus charger sama kabel nya harus ori karena sekarang sudah auto stop biar nggak over charging," ungkapnya. 

Oleh karena itu, pengguna smartphone juga harus memperhatikan charger yang digunakan untuk mengisi daya baterai. Ketika tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel bisa menjadi penyebab Hp mati total dan tidak bisa dinyalakan. 

Tidak sampai disitu saja, penggunaan Hp sampai ponsel dalam keadaan mati juga dapat menimbulkan masalah. Rata-rata masih banyak masyarakat yang melakukan hal itu. Sebaiknya mengisi daya baterai Hp saat sudah mendapatkan peringatan karena jika terus menunggu Hp mati, maka dapat mengganggu pengisian daya dan juga bisa memicu terjadinya Hp mati total. [Sav/Ali]

Tag : Samartphone mati, kesalahan pengguna, carger, mati total, teknisi Hp, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat