Dies Maulidiyah ke-36, MTs Miftahul Ulum Magersari Ajak Siswanya Terapkan Hidup Sehat

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka memperingati Dies Maulidiyah ke-36, MTs Terpadu Miftahul Ulum Magersari gelar beberapa rangkaian kegiatan. Salah satunya mengajak siswa menerapkan hidup sehat dengan melakukan jalan sehat. 

Jalan sehat yang dimulai di halaman sekolah yang bertempat di Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban tersebut diikuti oleh ribuan siswa/siswi MTs Miftahul Ulum, siswa/siswi SD/MI sekitar dan beberapa alumni dengan total kurang lebih berjumlah 1000 peserta, secara gratis dengan menerapkan protokol kesehatan. 

“Kegiatan jalan sehat ini merupakan salah satu acara yang kami buat untuk memperingati dies maulidiyah Mts Miftahul Ulum yang ke-36 diikuti oleh seluruh siswa-siswi MTs baik kelas 7,8 dan 9, dan juga SD/MI sekitar,” terang Masruh Zainur Ridwan S. Ag Kepala Sekolah MTs Miftahul Ulum kepada blokTuban.com, Kamis (31/3/2022). 

Selain memperingati Dies Maulidiyah, adanya rangkaian kegiatan itu juga diharapkan bisa mempererat tali kekeluargaan baik antar tenaga pendidik maupun pelajar. 

Kegiatan jalan sehat itu sendiri, diadakan dengan mengelilingi seluruh Desa Magersari dengan jarak tempuh kurang lebih tujuh Kilometer (KM). Kendati menempuh jarak yang cukup jauh, namun pria ramah ini mengaku pesertanya merasa senang. Terlebih sudah beberapa tahun trakhir pihak sekolah tidak mengadakan acara semacam ini, karena pandemi. 

“Alhamdulillah tidak ada kendala, siswa-siswi semua juga merasa senang dan terhibur. Harapannya ya bisa memperkuat kekeluargaan antar sesama,” ungkapnya. 

Setelah jalan sehat berakhir, maka dilanjutkan dengan pengundian dorprize dari kupon yang telah dibagikan sebelumnya dengan total hadiah jutaan rupiah. Dalam kesempatan tersebut, maka ada banyak hadiah yang bisa dibawa pulang oleh siswa/siswi yang beruntung. 

Seperti lemari dua pintu, dispenzer, kipas angin, setlika dan ratusan hadiah lainnya. Di samping mengajak siswa/siswinya belajar hidup lebih sehat, dalam kegiatan tersebut, para pelajar juga diajarkan untuk berwirausaha dengan baik. Pasalnya, disela pengundian dorprize, beberapa siswa/siswi perwakilan dari kelas 7 sampai 9 turut menjajakan makanan di bazaar yang telah disediakan oleh pihak sekolah. 

“Acaranya selain jalan sehat, kami juga menyediakan tempat untuk bazar perwakilan dari siswa-siswi kelas 7,8 dan 9. Dari situ para peserta lain yang merasa haus dan lapar bisa langsung memilih makanan yang telah dijual di stand bazar sambil menyimak undian kupon dari panitia. Sebelum ini kami juga mengadakan olimpiade di tingkat SD dan MI," tandasnya.[Sav/Ali]