Pasca longsor,  Tanggul Sungai Pring di Desa Plumpang Mulai Diperbaiki

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Tanggul Sungai Pring yang berada di Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban yang ongsor beberapa hari yang lalu, menghambat aliran sungai setempat karena beberapa pohon bambu yang ikut longsor menutupinya. 

Dari kejadian tersebut, maka Pemerintah desa (Pemdes) setempat bertindak sigap dengan langsung melaporkannya ke pihak terkait sehingga langsung mendapatkan penangan secara lebih intensif. 

“Aliran sungai mulai dari daerah barat, Desa Dermawu, Ngembes, Bengolang, Sumur Jalak, Ngerayung, lintasan air di Kali Pring Desa Plumpang menuju Kali Avour. Laporan dari desa langsung ditindak lanjuti oleh BPBD Tuban,” terang Kepala Desa Plumpang, Tumito saat dimintai keterangan reporter blokTuban.com, Kamis (17/3/2022). 

Penyebab adanya longsor tersebut, lanjut Tumito bermula dari banjir di Sungai Pring sehingga tanggul sungai menjadi tergerus dan terjadilah tanah longsor itu. 

Menanggapi hal itu, Pemdes setempat berekerjasama dengan BPBD Kabupaten Tuban, langsung menanganinya dengan mengeruk pohon bambu yang ikut longsor menggunakan alat berat dengan tujuan agar air sungai kembali lancar serta memperbaiki tanggul. 

“Kejadiannya tanggal 11 Maret di malam hari, pagi tanggal 12 Maret kita laporan, tanggal 13 Maret langsung disurvey camat, kalaksa dan babinsa terus dua hari kemudian ada penanganan, sampai sekarang masih berlanjut,” katanya. 

Meskipun sungai tersebut berada dekat dengan pemukiman warga, namun Tumito mengaku tidak berimbas dengan aktivitas yang dilakukan masyarakat sehari-hari. 

Pria ramah itu juga sangat berterimakasih kepada pihak BPBD Kabupaten Tuban karena sudah menindaklanjuti permasalahan desanya dengan cepat dan sigap. Untuk selanjutnya, pihaknya juga mengusulkan untuk dilakukan perbaikan lebih lanjut dengan pemasangan brojong batu, sehingga tanggul menjadi lebih kuat lagi. 

“Kami juga mengusulkan perbaikan dilanjut dengan pemasangan brojong batu sehingga tanggul kuat dan itu semua sudah direspon oleh BPBD, insyaallah akan segera ada tindak lanjut, terimakasih saya sampaikan,” tutupnya. [Sav/Ali]