18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |   05:00 . Update Cuaca 6 Desember 2022: Empat Wilayah Tuban Hari Ini Hujan Petir   |   19:00 . Belasan Pasar Tradisional di Rembang Direvitalisasi Akhir 2022, Ada yang Telan Biaya Rp5,6 Milyar   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pasca longsor, Tanggul Sungai Pring di Desa Plumpang Mulai Diperbaiki

bloktuban.com | Thursday, 17 March 2022 15:00

Pasca longsor,  Tanggul Sungai Pring di Desa Plumpang Mulai Diperbaiki Tanggul Sungai Pring di Desa Plumpang diperbaiki dengan alat berat. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Tanggul Sungai Pring yang berada di Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban yang ongsor beberapa hari yang lalu, menghambat aliran sungai setempat karena beberapa pohon bambu yang ikut longsor menutupinya. 

Dari kejadian tersebut, maka Pemerintah desa (Pemdes) setempat bertindak sigap dengan langsung melaporkannya ke pihak terkait sehingga langsung mendapatkan penangan secara lebih intensif. 

“Aliran sungai mulai dari daerah barat, Desa Dermawu, Ngembes, Bengolang, Sumur Jalak, Ngerayung, lintasan air di Kali Pring Desa Plumpang menuju Kali Avour. Laporan dari desa langsung ditindak lanjuti oleh BPBD Tuban,” terang Kepala Desa Plumpang, Tumito saat dimintai keterangan reporter blokTuban.com, Kamis (17/3/2022). 

Penyebab adanya longsor tersebut, lanjut Tumito bermula dari banjir di Sungai Pring sehingga tanggul sungai menjadi tergerus dan terjadilah tanah longsor itu. 

Menanggapi hal itu, Pemdes setempat berekerjasama dengan BPBD Kabupaten Tuban, langsung menanganinya dengan mengeruk pohon bambu yang ikut longsor menggunakan alat berat dengan tujuan agar air sungai kembali lancar serta memperbaiki tanggul. 

“Kejadiannya tanggal 11 Maret di malam hari, pagi tanggal 12 Maret kita laporan, tanggal 13 Maret langsung disurvey camat, kalaksa dan babinsa terus dua hari kemudian ada penanganan, sampai sekarang masih berlanjut,” katanya. 

Meskipun sungai tersebut berada dekat dengan pemukiman warga, namun Tumito mengaku tidak berimbas dengan aktivitas yang dilakukan masyarakat sehari-hari. 

Pria ramah itu juga sangat berterimakasih kepada pihak BPBD Kabupaten Tuban karena sudah menindaklanjuti permasalahan desanya dengan cepat dan sigap. Untuk selanjutnya, pihaknya juga mengusulkan untuk dilakukan perbaikan lebih lanjut dengan pemasangan brojong batu, sehingga tanggul menjadi lebih kuat lagi. 

“Kami juga mengusulkan perbaikan dilanjut dengan pemasangan brojong batu sehingga tanggul kuat dan itu semua sudah direspon oleh BPBD, insyaallah akan segera ada tindak lanjut, terimakasih saya sampaikan,” tutupnya. [Sav/Ali]

Tag : Kali Pring, Desa Plumpang Longsor, Longsor Tuban, BPBD Tuban, Banjir Bandang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat