18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mudah, Begini Cara Mengolah Pare Agar Tidak Terasa Pahit

bloktuban.com | Tuesday, 01 March 2022 17:00

Mudah, Begini Cara Mengolah Pare Agar Tidak Terasa Pahit

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pare merupakan sayuran berbentuk lonjong yang dikenal dengan rasa pahit. Oleh karena itu, tidak banyak masyarakat yang mengolah pare untuk dijadikan suatu masakan yang disantap bersama keluarga. 

Selain rasanya yang pahit, rupanya mengolah pare juga cenderung memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Sebab, jika tidak pintar dalam mengolahnya, pare akan terasa sangat pahit jika dimakan dan bersentuhan dengan lidah. 

Biasanya, salah satu andalan dalam memasak sayuran berwarna hijau ini yaitu dengan cara di tumis. Agar tidak menimbulkan rasa pahit, Kayami pelaku usaha cemilan kripik pare memberi tips agar pare tidak lagi memiliki rasa pahit. 

Menurutnya, sebelum mulai memasak, terlebih dahulu pare direndam dengan air garam selama beberapa jam. Garam dapat mengeluarkan rasa pahit yang ada pada pare sehingga terbebas dari rasa tersebut jika direndam terlebih dahulu. 

“Untuk menghilangkan rasa pahit pada pare, kita rendam dengan air garam selama satu sampai dua jam-an,” terangnya kepada reporter blokTuban.com, Selasa (1/3/2022). 

Merendamnya yaitu dengan cara memberi sejumput garam yang kemudian dicampurkan kedalam pare yang sudah diiris sebelumnya. Tujuan dari membiarkan pare direndam beberapa jam tesebut agar garam dapat merasuk ke dalam serat-serat pare. 

Tahap selanjutya, wanita yang akrab disapa Ami jika pare kemudian di cuci hingga bersih sambil diremas-remas untuk menghilangkan sari dari pare yang mengandung rasa pahit. 

“Setelah itu cuci bersih sambil diremas-remas, lalu kita rebus parenya selama lima menit,” bebernya. 

Lebih lanjut, wanita berusia 40 tahun ini mengatakan jika pare itu memiliki rasa pahit yang sempurna, sehingga untuk mengurangi hal tersebut dianjurkan untuk menghilangkan bagian tengah dari pare. Dengan cara mengerok bagian dalam pare yang bewarna putih hingga bersih.

“Rasa pahit pare tidak bisa dihilangkan seratus persen, pasti masih ada rasa pahitnya dan rasa pahitnya itu sempurna jadi semua berasa pahit jadi kita buang saja isinya,” terangnya. 

Setelah semua tahapan selesai, barulah pare siap untuk di tumis hingga matang dan disantap bersama dengan keluarga tercinta. [Sav/Ali]

 

Tag : Mengolah Pare, Kuliner Tuban, Pare Pahit, Tips Memasak pare



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat