20:00 . Stadion Tuban Sport Center Kandang Sementara Persela Lamongan   |   19:30 . Kaesang Ziarah ke Sunan Bonang Tuban Ditemani Habib Hussein   |   19:00 . Masyarakat Tuban Keluhkan Harga Bahan Pokok yang Kian Melonjak   |   18:00 . Pemasangan Spanduk Ajakan Awasi Pemilu Dinilai Kurang Tepat, Bawaslu Tuban: Itu Sampling   |   17:00 . Resep Ramuan Awet Muda Kunir Asem yang Dibagikan dr Zaidul Akbar   |   16:00 . UMK 2024 Naik 4.56 Persen, Buruh di Tuban Masih Merasa Kecewa   |   15:00 . Korban Kurang Kooperatif, Polisi Sulit Ungkap Kasus Tangan Putus di Widang Tuban   |   14:00 . Berlaku 1 Januari 2024, Ini Daftar Lengkap UMK Jatim Terbaru   |   13:00 . Lirik Lagu Di Tepian Rindu - Davi Siumbing (Stand Up Comedian) Trending Youtube   |   12:00 . Pembuang Bayi di Tuban Belum Ketemu   |   11:00 . Gila Harga Emas Antam Naik Rp15.000! 1 Gram Dibanderol Rp1.130.000   |   10:00 . Bisakah Mengkhitan Anak Usia Dini? Ketahui Manfaat Kesehatan Menurut Medis   |   09:00 . Kesenian dan Leluhur Desa Merkawang Tambakboyo Tuban   |   08:00 . Desa Dasin Tambakboyo Tuban Jadi Wilayah Pelarian Prajurit Kesultanan Pajang   |   07:00 . Catatan Sejarah Desa Tambakboyo Tuban, Ada Sebelum Jalan Daendels   |  
Sun, 03 December 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Iseng-iseng, Pemuda Tuban Ini Hasilkan Uang dengan Merajut Songkok

bloktuban.com | Friday, 25 February 2022 16:00

Iseng-iseng, Pemuda Tuban Ini Hasilkan Uang dengan Merajut Songkok

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada umumnya melakoni sebuah usaha membutuhkan pemikiran serta konsep yang matang sebelumnya. Teori tersebut tidak berlaku bagi Muhadi Rusli, pemuda 22 tahun Tyang memulai usahanya karena iseng. 

Keinginannya untuk belajar merajut dengan temannya tiga tahun yang lalu itulah, yang mengantarkannya menggeluti usaha Songkok atau kopyah rajutnya hingga saat ini. 

Dengan keisengan tersebut Muhadi mulai memposting Songkok-songkok hasil karya nya itu melalui sosial media. Berawal dari sinilah songkok rajut buatannya yang diberi nama Kopyah Rajut Rusli mulai dikenal oleh masyarakat, Jumat (25/2/2022).

"Aslinya ya iseng-iseng saja pengen belajar, awalnya cuma disuruh buatin teman lama kelamaan sering saya posting jadi berjalannya waktu makin banyak yang mulai memesan," ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (25/2/2022). 

Pria asal Desa Klotok, Kabupaten Tuban itu mengisahkan awal mula dirinya mulai mengembangkan usahanya tersebut. Saat pondok tempatnya mencari ilmu libur panjang lantaran adanya wabah Covid-19 yang melanda negeri ini. 

"Ada libur panjang karena Corona itu saya di rumah mencoba posting lagi Alhamdulillah tetangga-tetangga, rekan-rekan banyak yang minat hasil rajutan saya," ungkapnya.  

Biasanya satu songkok rajut yang dibuat oleh Muhadi bisa memakan waktu sekitar dua harian. Dengan berbagai macam harga yang ditawarkannya mulai dari Rp50 ribu hingga Rp130 ribu, tergantung dari warna benang dan tingkat kesulitan dalam merajutnya.

Hingga saat ini kendala yang sering dialami oleh pria ramah ini ada pada ukuran Songkok yang sedang dirajutnya. Lantaran pengerjaannya masih menggunakan cara yang manual, sehingga harus dengan telaten saat membuatnya.

"Jadi masalah ukuran ini kadang lumayan susah soalnya manual pakai tangan. Kadang ukuran sudah sama tapi kalau di belokkan ke bawah terkadang beda antara kopyah satu dengan yang lain, beda lagi kalau kopyah jahit," keluhnya. 

Lantaran terbuat dari bahan rajut, maka Muhadi menilai jika songkok buatannya lebih awet dibandingkan songkok yang terbuat dari kain, sebab tidak mudah sobek. Selain itu para pembeli juga bisa meminta warna atau model sesuai yang diinginkan. 

Untuk kedepannya, ia ingin memberdayakan para tetangganya, melalui cara mengajarkan rajut kepada tetangga ataupun temannya agar bisa membuat songkok. Bila nantinya ada pesanan dalam jumlah besar, dapat mengerjakan dengan waktu yang singkat dan membuka lapangan kerja baru.

Meskipun masih tergolong baru, saat ini songkok rajut buatan Muhadi sudah dikirim hingga Ke luar pulau seperti Jambi dan juga Kalimantan. [Sav/Ali]

Tag : Pemuda Klotok, Usaha Songkok, Bisnis Milenial, Bisnis Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat