Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus 70 Ribu per Kilogram

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga cabai rawit di Kabupaten Tuban dalam sepekan terakhir terus merangkak naik. Informasi yang dihimpun blokTuban.com, harga cabai rawit merah saat ini tembus Rp70 ribu perkilogramnya.

Padahal sepekan sebelumnya, harga cabai rawit merah hanya kisaran Rp44 ribu-Rp50 ribu perkilogram.

Selain cabai rawit merah, naiknya harga cabai juga terjadi pada cabai rawit hijau. Di mana sebelumnya hanya Rp24 ribu-Rp25 ribu perkilogram, dan saat ini menjadi Rp30 ribu perkilogram.

Sedangkan, untuk harga cabai kriting yang sebelumnya hanya Rp42-Rp45 ribu perkilogram, sekarang naik menjadi Rp50 ribu perkilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Pramuka, Kabupaten Tuban, Sunimah mengatakan, harga cabai mengalami kenaikan semenjak satu minggu yang lalu.

"Semenjak satu mingguan ini harga cabai mengalami kenaikan," terang Sunimah kepada blokTuban.com, Jumat (25/2/2022).

Sunimah menambahkan, dengan naiknya harga cabai banyak para pembeli yang mengeluh serta pembelinya berkurang. "Ya ada mas pembeli yang mengeluh karena harga cabai mahal," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pedagang lain, Sarsih. Dia mengaku, harga cabai naik sudah sejak satu minggu. Menurutnya, kenaikan harga tidak hanya terjadi pada cabai rawit, akan tetapi juga cabai kriting.

"Selain harga cabai, saat ini harga tomat, bawang merah dan bawang putih juga naik mas," imbuhnya.

Lebih lanjut, pedagang asal Desa Boto itu mengatakan, harga cabai itu naik kemungkinan dikarenakan faktor stok yang saat ini berkurang.[hud/Ali]