Buka Wawasan Napi, Perpustakaan Lapas Tuban Dapat 150 Buku

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur melaksanakan serah terima layanan pinjam pakai buku dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban, Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Dalam serah terima layanan pinjam pakai buku tersebut, Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur menyerahkan pinjaman buku sebanyak 150 buku dengan berbagai tema mulai dari fiksi, agama, motivasi dan kepribadian.

Penyediaan perpustakaan ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan dalam peningkatan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) terkhusus bagi warga binaan.

Harapannya, dengan ketersediaan bahan bacaan baru ini dapat mendorong warga binaan untuk memiliki minat dan kebiasaan membaca agar warga binaan lebih cerdas dan terampil.

Kasi Pembinaan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas Tuban, Pujiono mengatakan bahwa ini sebagai bentuk tidak lanjut dari kerjasama kita sebelumnya.

"Pada hari ini kita berkesempatan untuk melakukan serah terima buku bacaan dengan pihak Dinas Perpustakaan Jawa Timur. Kita sangat berterima kasih sekali karena dari pihak Dinas Perpustakaan Jawa Timur sudah berkenan melakukan kerjasama ini dan menyambut kita dengan sangat baik," kata Pujiono, Rabu (23/2/2022).

Lebih lanjut, melalui kerjasama ini Lapas Kelas IIB Tuban berharap layanan ini bisa terus berjalan guna memberikan informasi melalui peningkatan minat baca dari layanan perpustakaan yang ada di Lapas Kelas IIB Tuban.

Sementara itu, salah satu Narapidana Kasus Narkotika AG (34) menuturkan, bahwa dirinya adalah pengguna rutin perpustakaan di Lapas Tuban. Sebab, dia hampir dua hari sekali meminjam buku dan menggantinya dengan bacaan lain ketika habis baca.

“Aku memang suka baca pak, itu membuka wawasanku, walaupun di dalam penjara tapi gak boleh minim ilmu,” pungkasnya.[hud/sas]