Kartu Vaksin bukan Syarat Penyaluran BPNT Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Kantor Pos Cabang Tuban, Agus Pamuji menyampaikan, Kartu Vaksinasi Covid-19 bukan menjadi syarat penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Kendati begitu, bagi masyarakat yang telah menerima bansos namun belum melakukan vaksin tahap 1 atau 2 disarankan untuk langsung vaksin ditempat penyaluran bansos.

"Yang belum vaksin tetap bisa mengambil, tapi langsung disarankan menuju tempat vaksin," jelas Agus Pamuji di lokasi penyaluran bansos kepada reporter blokTuban.com, Selasa (22/2/2022).

Lebih lanjut, untuk persyaratan pengambilan atau penyaluran bansos ini adalah kartu identitas asli baik itu Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK). "Persyaratan mengambil bansos hanya KK atau KTP asli," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Tuban Kota, M. Dani Ramdhani. Dia mengatakan, penyaluran bansos disediakan juga pelayanan vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan bagi masyarakat yang belum vaksin.

"Ini bukan persyaratan, tetapi kita barengkan pelaksanaan penyaluran bansos dengan vaksinasi Covid-19 supaya lebih efektif dan efisien," tegas Camat Tuban Kota.

Ketika masyarakat datang untuk mengambil bansos dan saat ditanya belum melakukan vaksin maka diarahkan untuk melakukan vaksin. Sebab, targetnya seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban ini 100 persen tervaksin.

Sebatas diketahui, Program Bantuan Sosial Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako di Kabupaten Tuban pada Selasa (22/2/2022) disalurkan secara tunai melalui PT. Kantor Pos.

Informasi yang dihimpun, bansos BPNT/Kartu Sembako tersebut disalurkan secara tunai tiga bulan sekaligus. Terhitung mulai bulan Januari, Februari dan Maret 2022 dengan jumlah nominal sebesar Rp600.000.

Salah satu KPM asal Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, Tarmini (55) menyampaikan, kedatangannya ke kantor pos untuk mengambil bansos di Kantor Pos. Adapun persyaratan yang dibawa dalam pengambilan itu adalah KTP dan kartu Vaksin.

"Hari ini saya dapat bansos Rp600 ribu, selanjutnya uang ini akan saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari," pungkas Tarmini. [hud/Ali]