Semen Indonesia di Tuban Bangun Infrastruktur Air Bersih untuk Warga Tahulu

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia Pabrik Tuban telah membangun infrastruktur air bersih untuk warga di Dusun Bancang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Program pemberdayaan berkelanjutan tersebut diserahkan oleh pihak tim CSR SIG kepada Kepala Desa Tahulu, Sumariyono, didampingi Ketua FMK, dan Ketua BUMDesa Tahulu Makmur, Muhammad Tohirin, Kamis (17/2/2022). 

Senior Comdev officer SIG pabrik Tuban Siswanto, mengatakan nilai total program CSR yang diberikan SIG kurang lebih Rp 7 miliar untuk 26 desa dan 3 kecamatan. PIhaknya berharap masyarakat atau Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang mengerjakan program sungguh-sungguh dan berkelanjutan bukan hanya pelaksanaan sesaat atau jangka pendek, tetapi berharap dapat tumbuh dan mandiri. 

Pada tahun 2021, terdapat 143 program pemberdayaan  yang di support CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban. Terbagi dalam beberapa klaster antara lain klaster kambing, unggas, ikan, konveksi, usaha kreatif, irigasi, kebun, kuliner dan wisata. 

"Perusahaan berharap program ini berkelanjutan serta memberikan manfaat nyata bagi peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tuban dan yang paling penting semoga perusahaan terus bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat," tutur Siswanto. 

Sementara itu, Kades Tahulu, Sumariyono menceritakan, bahwa dulunya warga di Dusun Bancang sangat kesulitan mendapatkan air. Saat musim hujan warga mengumpulkan air hujan untuk minum, memasak dan mandi. Ketika musim kemarau warga membeli air yang diantarkan mobil tangki. 

"Adanya bantuan infrastrtuktur air bersih dari SIG, maka warga kami di Dusun Bancang tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Sebelum tandon air berdiri, kebutuhan air warga dicukupi oleh Hippa Desa Tegalrejo yang merupakan tetangga desa," sambungnya kepada reporter blokTuban.com di lokasi. 

Tandon yang berukuran 6x6x4 tersebut, sementara baru memiliki satu sumber sumur yang dibor sejak tahun 2017. Sumber tersebut dikelola dengan sharing anggaran, di mana untuk bangunan tandon dibiayai APBDEs dan untuk pipanisasi sumber dananya dari CSR SIG. 

"Untuk perlengkapannya kami masih menunggu perijinan dan badan hukum Hippam sebagai anak usaha dari BUMDesa. Kami targetkan ada 500 keluarga yang akan menikmati air bersih ini, dengan 100 keluarga dulu di bulan pertama sebagai penerima manfaat," tambahnya. 

Ketua BUMDesa Tahulu Makmur, Muhammad Tohirin telah merencanakan kerjasama dengan Hippam Dusun Becok, Desa Tegalrejo yang memiliki tiga sumur. Skemanya ketika satu sumur di Hippam Tahulu tidak mencukupi kebutuhan air akan ditutup otomatis, kemudian membuka kran air dari Hippam Tegalrejo. 

"Kita sebagai pelaku Hippam baru masih harus banyak belajar dari Hippam Tegalrejo. Warga Bancang setidaknya sudah 10 tahun memanfaatkan air bersih dari sumber Tegalrejo," bebernya. 

Sebagai TPK, BUMDesa mengucapkan terimakasih kepada SIG dan FMK karena dibangunkan infrastruktur air bersih di wilayah yang minim air. Diharapkan program dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. [Ali]