TNI Ajak Peserta Pelatihan UPT BLK Tuban untuk Bela Negara

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara para generasi muda, Kasdim 0811 Tuban, Mayor Chb Nurhadi, memberikan wawasan kebangsaan tentang pentingnya Bela Negara untuk menjaga keutuhan NKRI kepada para peserta pelatihan UPT BLK Tuban Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kecamatan Tuban, Selasa (15/2/2022). 

Kepada peserta pelatihan, Mayor Chb Nurhadi memaparkan, makna dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara, pengertian dan prinsip nasionalisme, prinsip patrionalisme serta implementasi pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal penting lainnya yang disampaikan, yaitu upaya memperkuat keutuhan NKRI, sikap serta perilaku yang perlu ditanamkan/dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan itu, Kasdim juga menyampaikan tentang proxy war, bahwa bangsa Indonesia sekarang dihadapkan pada sebuah ancaman nyata yang tidak ringan. Sebuah fenomena yang berbeda dari masa-masa sebelumnya telah berkembang dan harus diwaspadai.

“Pada hakikatnya perang ini merupakan sebuah konfrontasi antara dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan mengurangi risiko pada kehancuran yang fatal,” terang Kasdim Tuban.

Singkatnya, Proxy War merupakan kepanjangan tangan dari suatu negara yang berupaya mendapatkan kepentingan strategisnya. Kendati demikian, lebih menghindari keterlibatan langsung suatu perang yang mahal dan berdarah. [Ali]