Libur Imlek, Klenteng Tuban Buka Wisata Monumen Patung Macan Raksaksa Sepanjang 23,5 Meter

Reporter: Khoirul Huda

blok Tuban.com - Monumen patung macan raksaksa yang berada di komplek Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Kabupaten Tuban dipadati pengunjung, Selasa (1/2/2022).

Para pengunjung dari berbagai kota itu memadati area monumen patung macan raksaksa untuk memanfaatkan waktu libur perayaan Tahun Baru Imlek 2573/2022.

Salah satu pengunjung asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Dimas mengatakan, datang ke klenteng KSB Tuban bersama keluarga untuk mengisi waktu libur tahun baru Imlek.

"Tadi datang sama keluarga mas, ini pas waktu libur perayaan Imlek," terang Dimas saat berada di area klenteng KSB Tuban kepada reporter blokTuban.com.

Dia menambahkan, selain melihat-lihat area klenteng dia juga mengaku masuk di dalam monumen patung macan raksaksa tersebut. "Iya tadi sempat masuk dan foto-foto," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Penilik Demisioner klenteng KSB Tuban Alim Sugiantoro menyampaikan, klenteng KSB Tuban saat ini mempunyai patung macan raksaksa yang ukuran tingginya sekitar 6,5 meter dan panjang 23,5 meter.

"Klenteng KSB punya keistimewaan, di sini ada patung besar dan perayaan Imlek ini merupakan kesempatan bagi para pengunjung," kata Alim.

Dia juga mengimbau kepada para pengunjung klenteng KSB Tuban untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), sebab saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Sebatas diketahui, untuk Shio tahun baru Imlek 2573/2022 ini merupakan Shio macan air sebagaimana filosofi macan sangat tangguh dan perkasa. Sedangkan air adalah kebutuhan hidup manusia, jadi semua rezeki bisa nambah dan makmur, kesehatan juga bagus, minimal bisa menangkal Covid-19.[hud/Ali]