Kapalnya Terbakar, Nelayan Palang Telan Kerugian Rp85 Juta

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Insiden kebakaran menimpa Kapal Motor (KM) Seno milik Darsilan warga Desa dan Kecamatan Palang pada Selasa (18/1/2022) malam. Hingga sekarang belum diketahui secara pasti penyebabnya dari kebakaran di pesisir tersebut.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kebakaran awal muncul dari bagian mesin kapal. Tidak lama berselang api cepat membesar, karena terpaan angin laut yang cukup kencang.

Akibatnya beberapa peralatan dan rumah kapal ludes terbakar. Beruntung kekompakan warga nelayan yang tahu kejadian itu, cepat tanggap melakukan tindakan untuk memadamkan api. Agar tidak merembet kebagian bodi kapal motor lainnya.

"Itu kejadiannya sekitar pukul 12 malam. Kita tahu langsung ngambil mesin diesel milik kapal motor lainnya untuk memadamkan api," ujar Heri nelayan setempat.

Adapun posisi kapal saat terjadi kebakaran sudah dalam kondisi bersandar tambat labuh pelabuhan TPI Palang.

"Itu paginya baru aja bongkar muatan hasil tangkapan. Malamnya terbakar," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tuban, Gunadi belum mengetahui secara pasti kejadian di Palang dan belum mendapat laporan terkait peristiwa tersebut.

"Masih saya crosscek," sambungnya.

Gunadi menambahkan selama tahun 2021 ada 60 kejadian kebakaran yang tersebar di seluruh wilayah Tuban. Sedangkan di awal tahun hingga hari ini tercatat ada dua kejadian kebakaran.

Kapolsek Palang, AKP Simon Triyono menambahkan untuk kerugian kebakaran kapal nelayan di wilayahnya kurang lebih Rp85 juta. "Prakiraan kerugian tersebut diketahui setelah anggota Polsek Palang mendatangi lokasi," tutupnya. [ali/sas]