18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tahun 2021, 564 Warga Belum Cukup Umur Menikah

bloktuban.com | Monday, 17 January 2022 14:00

Tahun 2021,  564 Warga Belum Cukup Umur Menikah DISPENSASI NIKAH : Meski Secara Jumlah Turun Dibanding tahun 2020, namun Masih Ratusan Warga Ajukan Dispensasi Nikah (foto:dina)

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Berdasarkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019, usia minimal untuk menikah baik laki-laki ataupun perempuan adalah 19 tahun. Bagi yang belum mencukupi batas minimal umur menikah menurut ketetapan peraturan negara maka orang tua harus mengajukan dispensasi kawin.

Data yang dihimpun dari Pengadilan Agama Kabupaten Tuban, sepanjang tahun 2021 kemarin, jumlah perkara dispensasi kawin yang diputus oleh pengadilan agama sebanyak 554 perkara. Panitera Muda Hukum PA, Nur Wachid mengungkapkan sebagian besar yang meminta dispensasi kawin adalah usia 18 tahun.

“Rata-rata 18 tahun, kurang dikit-dikit biasanya umurnya, tapi karena hitungan orang tua sudah harus menikah pada waktu itu dan pergaulan anak yang semakin tidak terkendali jadi mengajukan dispensasi nikah,” ujarnya pada reporter blokTuban, Senin (17/1/2022).

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, jumlah perkara dispensasi kawin yang diputus PA Tuban sebanyak 575, sehingga terjadi penurunan. 

“Untuk perkara dispensasi kawin yang diterima tahun 2021 sebanyak 564 dan yang telah diputus sebanyak 554 sehingga masih sisa 10 kasus yang dilanjutkan di tahun 2022 ini dan biasanya direkap setiap bulan,” ungkapnya.

Syarat pengajuan dispensasi kawin ke Pengadilan Agama bisa dilakukan ketika mendapat surat penolakan dari KUA, jika tidak ada surat tersebut makaPA tidak memiliki kewenangan untuk memproses dispensasi kawin. 

“Jadi KUA memberikan surat penolakan untuk menikah karena umurnya kurang kepada pihak terakait, kemudian baru di PA dan diproses dispensasi nikahnya, ketika sudah mendapatkan putusan baru kembali ke KUA,” jelasnya.

Dalam pengajuan dispensasi kawin tersebut, kedua orang tua dari dua belah pihak harus hadir dalam persidangan, berikut dengan saksi dan anak yang akan melakukan pernikahan. 

“Orang tua dari kedua belah pihak harus hadir keduanya karena akan ditanyai terkait kebenaran dan kesanggupannya membantu ketika anak ada masalah, kan mereka masih anak-anak. Jadi mereka dimintai keterangannya, nggak cukup surat harus hadir,” terangnya.

Pengajuan dispensasi kawin juga tidak semuanya dikabulkan, tergantung dengan pemeriksaan, terlebih ketika pengajuan itu hanya dari inisiatif orang tua yang anaknya belum ingin menikah. 

“Dilihat lagi pemeriksaanya, layak tidaknya, misalkan umur 15 tahun masak akan dikabulkan wong masih anak-anak, masih seneng main kok disuruh kawin, pokoknya putusannya nanti dari hasil persidangan,” ungkapnya.[din/ono]

 

 

Tag : dispensasi nikah, kua, pa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat