19:00 . Dear Warga, Cek Label Sehat Sebelum Beli Hewan Kurban di Tuban   |   18:00 . Domba Lokal Bertanduk Banyak Diburu di Tuban, Segini Kisaran Harganya   |   17:00 . Sudah 2.525 Warga Tuban Terekam Mobil INCAR, Polisi: Kebiasaan Baik Harus Dipaksa   |   16:00 . Ikuti Program Revitalisasi, KUA Tuban dan Soko Dimonev Kemenag RI   |   15:00 . Punya Sejarah 70 Tahun, Asosiasi Dokter Medis Sedunia Hanya Akui IDI Organisasi Dokter di Indonesia   |   14:00 . Harga Kambing Kurban di Tuban Termahal Rp7 Juta per Ekor, Penjual: Gratis Ongkos Kirim   |   13:00 . Mengenal Demokrasi dalam Perspektif Masyarakat   |   12:00 . Rupa Sesaji di Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:30 . Ini Doa Saat Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:00 . Lirik Lagu dan Chord Luka Sekerat Rasa - Cover Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae Trending on Youtube)   |   10:30 . Memberi Makan Kera Bektiharjo Tuban   |   10:00 . Tradisi Manganan Bektiharjo Tuban: Memberi Makan Ikan   |   09:30 . Manganan Bektiharjo Tuban Setiap Rabu Pon   |   09:00 . 6 Juli 2022 Emas Antam Anjlok Rp 977 Ribu, Turun Rp 12.000 Per Gram   |   08:00 . Bacaan Doa Qunut Subuh, Lafal dan Artinya   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ikan Bandeng Murah Saat Panen Raya, Pemdes Compreng Lakukan Hal Ini

bloktuban.com | Friday, 14 January 2022 15:00

Ikan Bandeng Murah Saat Panen Raya, Pemdes Compreng Lakukan Hal Ini OLAHAN BANDENG : Karena Bandeng Melimpah Pemdes Melatih Warga Membuat Aneka Olahan dari Bandeng

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang paling digemari di Indonesia. Daging ikannya yang lembut dan gurih membuat bandeng sangat digandrungi untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Di Jawa Timur sendiri, sudah banyak masyarakat yang membudidayakan ikan satu ini termasuk di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Compreng, Kecamatan Widang, yang hampir seluruh masyarakatnya membudidayakan ikan bandeng.

Karena hasil panen yang melimpah, saat panen raya datang harga dari ikan bandeng mengalami penurunan yang sangat drastis.  Berangkat dari hal itulah Pemerintah Desa (Pemdes) Compreng, mengadakan pelatihan pengolahan Ikan Bandeng untuk masyarakat setempat.“Kita mau mengolah bandeng, karena kalau hasil panennya melimpah dia turun harganya. Itu kita akhir-akhir tahun kemarin itu baru kita mendatangkan pelatih untuk dikembangkan,” ujar Raji Raharjo, Sekertaris Desa Compreng kepada blokTuban.com pada Jumat (14/1/2022).

Selain itu, pelatihan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi dan pemberdayaan perempuan di Desa Compreng yang merupakan ibu rumah tangga.

Dalam pelatihan itu para warga dilatih untuk mengelola bandeng menjadi beberapa produk seperti amplang atau kerupuk dan juga makanan frozen food yang merupakan jenis makanan yang bisa  bertahan cukup lama.

“Kemudian lagi, pengembangan produknya. Jadi ada lokal brandingnya nanti ada sendiri itu tujuan lainnya. Produknya ada amplang dan frozen food itu seperti nugget dan dimsum,” ucapnya.

Pria berusia 40 tahun itu melanjutkan jika seluruh anggota badan dari ikan bandeng kecuali kepala dan kulit, bisa diolah menjadi bahan makanan seperti amplang yang terbuat dari tulang ikan dan daging bandeng yang dipergunakan untuk seluruh makanan untuk frozen food.

Selanjutnya, pelatihan pengolahan Ikan Bandeng tersebut nantinya akan berlanjut ke tahap lainnya, yaitu melihat hasil akhir dan membuat produk olahan bandeng lainnya. Bahkan, pelatih yang didatangkan oleh Pemdes Compreng merupakan pelatih dari Dinas Koperindag.

“Kemarin sudah dimulai dua kali, ibu-ibunya dilatih kemudian kumpul sendiri mempraktekkannya,” katanya.

Dengan adanya produk olahan Ikan Bandeng ini, ia berharap untuk ke depannya Desa Compreng lebih dikenal oleh masyarakat luas diluar sana. 

“Semakin tahun kami harapkan semakin bagus dan jadi. Saya pribadi yang menginginkan biar nanti di Compreng selain terkenal gemblong juga frozen nya ini,” tutupnya.[sav/ono]

 

Tag : bandeng, olahan bandeng



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat