Vaksin Booster Yang Sudah ditetapkan Pemerintah Mulai dilaksanakan di Kabupaten Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Berbagai daerah mulai melaksanakan Vaksin Booster, hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa Vaksinasi Booster atau vaksin dosis ke tiga mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2022 kemarin.

Vaksin booster dilakukan untuk bisa menambah proteksi terhadap Covid-19, atas rekomendasi dari World Health Organization (WHO). Program vaksinasi Booster tersebut dilaksanakan secara gratis bagi masyarakat Indonesia.

Sudah banyak wilayah atau daerah yang melaksanakan arahan dari pemerintah tersebut, termasuk Kabupaten Tuban. Salah satu Desa di Kabupaten Tuban yang mulai melaksanakan vaksin dosis ketiga yaitu Desa Compreng yang berada di Kecamatan Widang.

"Untuk Vaksin Booster yang sudah mulai dilakukan sesuai arahan pak Presiden mulai tanggal 12 kemarin kita juga sudah mulai melaksanakan," terang Zustiana Eka Famayanti, Bidan Desa Compreng kepada blokTuban.com pada Kamis (13/1/2022).

Dalam pelaksanaan Vaksin Booster tersebut, Zustiana melanjutkan jika masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis satu dan dua dengan jenis Vaksin Sinovac sebelumnya, akan mendapatkan Vaksin Booster jenis Pfizer.

"Dosis satu sama dosis dua yang kemarin vaksinnya jenis Sinovac, jadi mulai sekarang sudah bisa Vaksin Booster kita berikan vaksin jenis Pfizer. Jadi dosis satu Sinovac, dua Sinovac nanti vaksin ketiganya Pfizer," bebernya.

Untuk bisa mendapatkan Vaksin Booster, perempuan yang sudah mengabdi kepada masyarakat  Desa Compreng sejak tahun 2008 tersebut mengatakan jika masyarakat harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dengan jarak minimal 6 bulan lamanya.

"Dengan jarak antara vaksin pertama dan kedua itu jaraknya 6 bulan, baru bisa mengikuti yang booster," imbuhnya

Untuk kedepannya wanita ramah tersebut, akan siap melayani masyarakat yang ingin melaksanakan Vaksin Booster. Dengan sasaran seluruh masyarakat Desa Compreng yang sudah memenuhi syarat, khususnya masyarakat yang mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Dengan demikian, ia berharap jika seluruh masyarakat Desa Compreng sudah Tervaksinasi secara keseluruhan baik dosis satu dan dua dengan sasaran utama para masyarakat yang sudah lanjut usia.

"Harapannya semua masyarakat sudah tervaksin baik sasaran utamanya lansia 100 persen sudah tervaksin dan masyarakat umum sudah tervaksin semua," tutupnya.