Kurangi Lahan Kritis, 3.000 Pohon Ditanam di Sumur Wali Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Untuk mengurangi lahan kritis, sebanyak 3000 pohon ditanam oleh Forkopimda Tuban, Forkopimka serta CDK wilayah Bojonegoro dan KPH Parengan di Sumur Wali, Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban pada Kamis, (6 /1/2022).

Diawali sambutan Komandan Komando Distrik Militer 0811/Tuban Letkol Inf Suhada Erwin, kemudian lanjut menanam serentak di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) BKPH Montong seperti tanaman sukun, nangka, jambu air, sirsak, srikaya, dan mangga.

Dandim Suhada Erwin mengatakan, aksi menanam pohon bersama bertujuan menumbuhakn kecintaan sekaligus menggugah hati nurani penerus bangsa untuk lebih peduli dengan lingkungan.

’’Gerakan menanam pohon ini bertujuan demi masa depan anak cucu kita kelak,’’ tegasnya.

Selain itu, menanam pohon juga dapat mengurangi lahan kritis, mengantisipasi terjadinya bencana dan menghijaukan bumi. Hutan juga bermanfaat sebagai sumber oksigen, reserve air dan sebagai sumber daya alam hayati yang multi manfaat harus dijaga agar tetap lestari.

"Kalau kita menjaga hutan dari kerusakan, tentunya hutan akan menjaga kita dari bencana,’’ imbuhnya.

Hutan dan lingkungan hidup merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pembangunan budaya bangsa. Oleh karena itu, ke depan Kodim 0811/Tuban akan bekerja sama dengan KPH yang ada di wilayah Tuban untuk melaksanakan penanaman pohon di berbagai wilayah.

Sementara itu Slamet Juwanto (ADM KPH Parengan) menambahka, semua yang dilakukan kali ini untuk menggugah kesadaran semua tentang pentingnya merawat dan menjaga hutan demi kelangsungan hidup.

Slamet juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada Forkopimda Kabupaten Tuban yang sudah menyempatkan waktu untuk melihat secara langsung kondisi hutan saat ini. Sekaligus membantu perbaikan hutan di kawasan Sumur Wali Desa Montongsekar.


"Kami dari pihak perhutani membuka lebar kepada semua pihak untuk menghijaukan kembali hutan yang semula tandus, sehingga bermanfaat untuk anak cucu kita sebagai generasi penerus," harapnya.

Hadir dalam acara ini, Letkol Inf Suhada Erwin (Dandim 0811/Tuban), AKBP Darman (Kapolres Tuban), Budi Wiyana (Sekda Kab. Tuban), Budi Priyo Utomo (Kepala Dinas Kesehatan Tuban), Yudi Irwanto ( Kepala BPBD Tuban), Arif Yulianto (Kadis Pertanian Kab Tuban), Miswanto ( ADM KPH Tuban), Slamet Juwanto (ADM KPH Parengan), Bayu Nugroho (ADM KPH Jatirogo), M. Bandar (Asper BKPH Mulyoagung), M Yasin (Asper BKPH Montong), Forkopimka Montong beserta instansi terkait. [ali/sas]