11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |   12:00 . Polres Tuban Tampilkan Kolosal Bumi Putera di Gebyar Malam Puncak Harmoni Nusantara 2022   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Omicron Masuk Jatim, Warga Tuban Dihimbau Hindari Daerah yang Banyak Turisnya

bloktuban.com | Monday, 03 January 2022 13:00

Omicron Masuk Jatim, Warga Tuban Dihimbau Hindari Daerah yang Banyak Turisnya TERUS WASPADA : Covid Varian Omicron Sudah Masuk Jawa Timur, Warga Diminta Terus Waspada

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Covid-19 varian Omicron sudah masuk di wilayah Jawa Timur. Satgas Corona Jatim mengajak semua pihak untuk berupaya mencegah varian tersebut meluas di Jatim, maupun mencegah terjadinya penularan lokal.

Dalam keterangan resminya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat di wilayahnya untuk tidak panik. Sekaligus meningkatkan kewaspadaan dengan memperketat protokol kesehatan menyusul ditemukannya varian Covid-19 Omicron. Temuan kasus Covid-19 varian Omicron di Surabaya ini berdasarkan laporan dari Institute Tropical Disease (ITD) Unair.

Secara khusus, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Bambang Priyo Utomo menghimbau masyarakat Tuban dalam sepekan ke depan untuk menahan diri tidak ke luar kota.

 "Boleh ke luar kota atau luar negeri ketika kondisi urgen. Semua masyarakat harus disiplin menerapkan 5M," katanya kepada blokTuban.com, Senin (3/1/2022).

Dua poin yang harus diperhatikan oleh warga Tuban yaitu, bepergian ke luar negeri ditunda sementara waktu. Kedua, hindari atau jangan datangi daerah yang banyak turis asinya. Upaya mencegah penularan varian Omicron sangat penting, meskipun omicron tidak seganas varian Delta.

"Omicron ini penularannya cepat. Gejalanya tidak mesti batuk, panas, pilek, tapi bisa langsung nyerang ke organ dalam. Tidak parah dan tidak mematikan varian ini," imbuh mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo.

Munculnya Omicron di Jatim, Bambang optimis masyarakat Kabupaten Tuban tidak mudah tertular karena sudah divaksin. Bagi warga yang belum divaksin dan jalan-jalan ke luar kota, memiliki resiko lebih untuk tertular virus.

Total vaksinasi program di Kabupaten Tuban per awal tahun 2022 sebanyak 1.208.428 suntikan atau 63,89 persen. Dosis 1 744.804 (78,75 perse), dosis 2 459.924 (48,63 persen), dan dosis 3 sebanyak 3.700 orang (0,39 persen).

Sebelumnya, ahli epidemiologi sekaligus direktur kedokteran tropis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dr. Riris Andono Ahmad, MPH, Ph.D mengungkapkan pada tanggal 26 November World Health Organization (WHO) mengumumkan adanya varian baru, yakni omicron yang ditemukan di Afrika Selatan.

“Laporan pertama kali muncul tanggal 24 November, dan langsung dinyatakan sebagai variant of concern (VOCs) oleh WHO,” terangnya di podcast tropmed UGM.

Varian tersebut merupakan hasil dari mutasi virus yang sebenarnya adalah hal normal, meskipun pada umumnya mutasi tersebut tidak memiliki dampak.

“Pada suatu titik mutasi bisa jadi menyebabkan perubahan karakteristik dan perilaku suatu virus, entah bisa lebih cepat menyebar, meningkatkan keparahan penyakit, menembus imunitas, atau bahkan alat deteksi kita tidak bisa mengidentifikasi virus tersebut,” jelasnya.

Berdasarkan dampaknya, WHO membagi besaran dampak virus menjadi dua, yakni variant of interest (VOIs) dan variant of concern (VOCs). Variant of concern sendiri merupakan variant yang bisa mengubah epidemiologi sekaligus cara mengendalikan pandemi.

Varian omicron yang muncul, ditetapkan menjadi variant of concern karena data yang ditunjukkan di Afrika Selatan transmisinya yang diperkirakan lima kali lebih cepat dibanding varian delta. [ali/ono]

 

Tag : covid-19, omicron, waspada



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat