Polisi Selidiki Maling Kotak Amal di Masjid yang Terekam CCTV

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Aksi pencurian kotak amal masjid terjadi di Kabupaten Tuban. Kali ini, sasaranya adalah kotak amal yang berada di masjid Al Bayyinah Dusun Jembel, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Aksi pencurian kotak amal masjid tersebut sempat terekam Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di masjid setempat. Video rekaman CCTV itu juga viral setelah tersebar.

Terlihat dari rekaman itu, aksi pencurian kotak amal masjid dilakukan oleh seorang pria pada Senin (29/11/2021), sekitar pukul 02.00 WIB. Gerak-gerik pelaku terekam mulai masuk area masjid, hingga menuju toilet dan membobol kotak amal.

"Kita tahunya Senin Sore," ungkap Umarli, Muadzin Masjid Al Bayyinah, Selasa (30/11/2021).

Dia menambhkan, begitu mengetahui kotak amal di toilet dibobol, pihak masjid langsung mengecek rekaman CCTV. Dari situ terlihat jelas bagaimana pelaku menggasak uang dengan cara mencongkel kotak.

Kendati begitu, dia tidak mengetahui jelas berapa uang yang diambil pelaku. "Tidak tahu siapa pelakunya, tapi terekam CCTV. Biasanya setiap seminggu kita cek ada uang Rp50 ribuan," pungkasnya.

Sementara itu, anggota kepolisian yang mendapatkan laporan adanya kejadian itu langsung mendatangi lokasi pembobolan kotak amal di Masjid Al Bayyinah, yang berada di Dusun Jembel, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Selasa (30/11/2021). 

"Sedang kita selidiki," kata Kanit Reskrim Polsek Jenu, Ipda Dwi Purwoko.

Lebih lanjut, pihak kepolisian masih mendalami kasus pencurian tersebut, yang diduga dilakukan seorang diri berdasarkan rekaman CCTV. 

Selanjutnya, pengurus masjid juga telah dimintai keterangan atas aksi pembobolan kotak amal di toilet masjid tersebut guna perkembangan penyelidikan. "Masih kita dalami, akan dilakukan perkembangan," tutupnya.

Sebatas diketahui, aksi pencurian uang di kotak amal toilet masjid itu viral setelah rekaman Video Closed Circuit Television (CCTV) tersebar.[hud/col]