15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mesti Dihindari, Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Anak

bloktuban.com | Wednesday, 24 November 2021 07:00

Mesti Dihindari, Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Anak (foto freepik.com/peoplecreations)

Reporter: -

blokTuban.com - Setiap orangtua pasti memiliki cara berbeda-beda dalam mendidik anak. Namun kerap kali kita lupa bahwa pola didik menentukan sifat dan perilaku sang anak di masa depan.

Kesalahan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua dapat menyebabkan sang anak yang kesulitan dalam hubungan sosial, emosi yang tidak stabil bahkan membangkang kepada orangtua. Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi ialah lewat ucapan.

Oleh sebab itu  dilansir dari timesofindia.com, berikut 9 Hal yang sebaiknya tidak dikatakan orangtua kepada anak:

1. Membandingkan

Membandingkan anakmu dan memberikan contoh tentang apa yang bisa kamu lakukan pada usia muda merupakan kesalahan yang paling sering dan paling salah dilakukan oleh orangtua. Jika kamu melakukan hal tersebut, kesalahannya terletak pada dirimu yang berharap bahwa kamu memiliki anak yang sempurna.

Cobalah kamu mengingat kembali kesalahanmu sebagai seorang anak di masa kecilmu dan masalah apa yang kamu lakukan yang bisa membuat orangtuamu marah. Pernyataan-penyataan seperti ini bisa saja merusak kepercayaan diri anakmu.

2. Menyalahkan dalam setiap keputusan

Jangan menghukum anakmu jika ia belum terlalu dewasa. Membuat kesalahan bisa dilakukan oleh siapa saja dan hal tersebut merupakan proses untuk belajar dalam hidup. Ia mungkin akan memilih bidang studi yang tidak sesuai dengan kesukaanmu atau bekerja dalam perusahaan kecil yang tidak terlalu kamu banggakan, tetapi hal tersebut bukan berarti kamu boleh mengatakan bahwa ia memilih keputusan yang salah. Kamu sebagai orangtua seharusnya membimbingnya dalam setiap keputusan yang ia ambil, bukannya memaksakannya untuk mengikuti pendapatmu.

3. Membandingkan dengan saudara

Seringkali kita menemukan orangtua yang melakukan perbandingan kepada anaknya. Hindarilah menabur pertengkaran diantara anak-anakmu dengan membandingkan kemampuan mereka. Hal tersebut dapat membuat ruang diantara anak-anakmu. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan anakmu yang akan menaruh dendam terhadapmu.

4. Jangan ganggu

Orangtua sebenarnya memiliki tanggung jawab untuk diurus oleh anak-anak, yang terkadang tidak disadari oleh anak-anak.  Mungkin kamu merasa ingin memiliki waktu sendiri tetapi anak-anak mungkin tidak memahami akan hal tersebut. Bentakan seperti “Jangan ganggu aku” atau “Tinggalkan aku sendiri” dapat membuat anakmu merasa diabaikan, tidak diinginkan dan tertekan. Sebaiknya bersabarlah dan hindari perkataan-perkataan kasar.

5. Mempermalukan anak

Pernyataan ini merupakan pernyataan yang kasar dan dapat menyakiti anak-anak manapun. Mungkin ada anak yang nakal yang suka mengganggu orang lain, tapi hal tersebut bukan berarti kamu bisa menegurnya dengan hal tersebut. Ada cara yang lebih baik untuk menegur anakmu tentang hal yang baik dan buruk.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more