14:00 . Antibodi Penduduk Indonesia Naik 4 Kali Lipat   |   13:00 . Serunya Lomba Estafet Karet Gelang di Lapas Tuban   |   12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pertama di Tuban, Petani Gunakan Drone untuk Semprot Pupuk

bloktuban.com | Wednesday, 17 November 2021 21:00

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Drone yang umumnya digunakan sebagai alat untuk mengambil sebuah gambar atau video, seiring berkembangnya zaman kini bisa dimanfaatkan untuk membantu para petani melakukan penyemprotan pupuk di persawahan.

Pada Rabu (17/11/2021) pagi sekitar pukul 09.00 Wib, PT. Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggandeng Todaytech penyedia drone pertanian untuk mulai memperkenalkan alat penyemprot drone, di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Pengenalan ini dilakukan pertama kali di Tuban dengan cara mendemontrasikan drone yang sedang berada diketinggian dan menyemprotkan pupuk organik cair oca ponska di sawah milik petani yang berada tepat di depan kantor BUMDes Bandungrejo.

“Penggunaan drone ini kami kenalkan kepada masyarakat luas khususnya di Tuban ini, bahwa saat ini dunia pertanian juga bisa menggunakan teknologi,” ujar Iyan Fajri, Vice President Penjualan Wilayah Jatim, PT. Pupuk Indonesia saat ditemui di area persawahan Desa Bandungrejo.

Dengan adanya alat bantu drone ini, diharapkan bisa membantu para petani yang kesulitan terhadap sumber daya manusia, serta memberikan wawasan baru terhadap penerapan penggunaan pupuk menggunakan teknologi baru.

“Karena minat anak muda atau petani saat ini semakin menurun, sehingga di desa-desa ini sulit mencari tenaga kerja untuk kegiatan baik itu menanam, menyemprot pestisida maupun aplikasi pupuk,” ujarnya.

Selain itu dengan menggunakan drone, bisa membantu para petani untuk mempersingkat waktu dalam penyemprotan pupuk cair, pasalnya untuk luas tanah yang mencapai satu hektar dikatakan Iyan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

Masalah pembiayaan drone Iyan mengatakan jika pihaknya sudah melakukan perhitungan bahwa investasi awal mencapai Rp70 sampai Rp100 juta.

“Mungkin kita juga harapkan bahwa pemerintah hadir, sehingga investasi untuk drone ini bisa ditekan seminimal mungkin,” sambungnya.

Senada dengan Iyan, Kabid Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Wiwit Risti Kuswanti juga mengatakan penggunaan drone untuk penyemprotan pupuk sangatlah efektif hal itu karena memakan waktu yang sangat singkat.

“Baru disosialisasikan saat ini pertama kali di Tuban, sangat efektif sekali karena dengan waktu 15 menit satu hektar sudah selesai kalau pakai tenaga manusia kan lebih lama,” tutupnya. [sav/col]

 

Tag : Petani, Drone, semprot, pupuk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat