14:00 . Kasus Covid-19 Naik, Menko Marves Belum Berpikir Terapkan PPKM Darurat   |   13:00 . Kaya Akan Gizi, Perempuan Ini Sulap Olahan Ikan Tongkol Jadi Abon   |   10:00 . Cerita Pelaku UMKM Mempertahankan Bisnisnya di Tengah Pandemi   |   09:00 . Masih Banyak ODGJ Terlantar, Komunitas Resik Tuban Ingin Bantu Para ODGJ   |   08:00 . Didemo Pemuda Enam Desa, Ini Jawaban Pertamina Rosneft   |   07:00 . Terapkan Isi Piringku dalam Gizi Seimbang untuk Cegah Obesitas   |   20:00 . Kendalikan Omicron Tuban Buat Pamor Keris   |   19:00 . Dulu Warga Kampung Miliarder Kaya Raya, Sekarang Susah Makan Tak Punya Pekerjaan   |   18:00 . Beberapa Hari Nihil, Kasus Covid-19 di Tuban Naik 6 Orang Suspect Dalam Sehari   |   17:00 . Relaksasi Bisa Jadi Cara Penanganan Nyeri Ringan Tanpa Obat   |   16:00 . Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen   |   15:00 . Pemuda Kaliuntu Klaim Dapat Pesan Bernada Ancaman Sebelum Demo   |   14:00 . Demo Memanas, Kades Ring 1 GRR Marahi Pegawai Hingga Ancam Lapor Ahok   |   13:00 . Kapolres Tuban Minta Korban Penipuan Investasi Bodong Segera Lapor   |   12:00 . Petani Keluhkan Pupuk Subsidi yang Susah Didapatkan   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Paguyuban Inspirasi Teras Kreasi Adakan Bazar Pasar Ibu

bloktuban.com | Saturday, 16 October 2021 19:00

Paguyuban Inspirasi Teras Kreasi Adakan Bazar Pasar Ibu Kegiatan Bazar Pasar Ibu. (Foto: blokTuban.com/Savira Wahda Sofyana )

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Paguyuban inspirasi teras kreasi merupakan suatu wadah yang menaungi bakat dan minat para ibu-ibu rumah tangga untuk bisa mengasah skill yang dimilikinya.

Pada Sabtu (16/10/2021) paguyuban tersebut mengadakan acara bazar pasar ibu, yang diikuti oleh pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Plumpang. Ada banyak barang yang dijajakan dalam bazar tersebut dari mulai tas, kotak tissu, tanaman imitasi, hingga berbagai kreasi yang terbuat dari pelepah pisang.

“Dari bazar pasar ibu ini kita bisa mencover para pelaku UMKM untuk ikut bergabung dalam kegiatan bazar ini, penyelenggaranya adalah kita, jadi lebih memunculkan UMKM gitu,” ucap pendiri paguyuban inspirasi teras kreasi, Rofiul Rahmawati (32) di kantor balai desa klotok.

Acara bazar pasar ibu tersebut dibiayai langsung oleh Business & Export Development Organization (BEDO) dan bekerja sama dengan pemerintah desa Klotok untuk memunculkan UMKM desa agar mereka percaya dengan produk-produk yang telah dihasilkan.

“Kalau yang menyelenggarakan sebenarnya kami dibiayai oleh tim BEDO yang kami melakukan zoom tadi, dan pemerintah desa sebagai mitra bagi kita, jadi kami bekerjasama dengan pihak desa untuk meminjam tempat dibalai desa,” jelasnya.

Acara bazar pasar ibu tersebut berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Tidak hanya bazar saja, kegiatan ini juga memberikan edukasi-edukasi menarik kepada masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

“Untuk acaranya kita hanya bazar tapi didalam bazar itu dikemas ada edukasi untuk anak, edukasi untuk umum, seperti pelatihan merajut dan juga talk show pelepah pisang, biar mereka tersuport dan semangat dengan pengolahan limbah,” tandasnya.

Untuk bisa memasukkan produk-produk yang dijual kedalam bazar tersebut, para masyarakat cukup mengisi regitrasi dan melakukan pengisian digoogle form. Dalam kerja sama tersebut nantinya akan ada pembagian hasil dari kedua belah pihak.

“Syaratnya hanya registrasi kemudian melakukan pengisian online melalui google form itu saja, kemudian nanti didalam kerja samanya kita ada pembagian hasil, untuk sementara seperti itu tapi kemungkinan ketika sudah berjalan berkelanjutan, pasti ada ketentuan-ketentuan sendiri,” pungkasnya.

Paguyuban inspirasi teras kreasi yang bertempat di Dusun Landean tersebut sudah berdiri sejak dua tahun yang lalu, tepatnya pada 22 Maret 2019 dan hingga saat ini sudah banyak ibu-ibu yang mengikuti paguyuban tersebut, bahkan dari berbagai desa.

“Awalnya saya dan beberapa perempuan didusun, ada sekitar 5 orang terus berkembang sampai menjadi 12, dari situ saya mulai mengapload beberapa kegiatan kemedia sosial, kemudian banyak yang berminat, akhirnya dari berbagai desa yang mereka tidak dinaungi oleh desanya, mereka yang tidak dinaungi oleh komunitas-komunitas di desanya, mereka bergabung dengan saya,” ungkapnya.

Rofiul  juga berharap bahwa acara bazar pasar ibu ini tidak serta merta berhenti sampai disini saja, namun setiap bulannya bisa terus melaksanakan kegiatan bazar pasar ibu secara rutin.  [sav/sas]

Tag : umkm, plumpang, bedo, bazar, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more