08:00 . Ini Rangkaian Bengawan Jazz Festival 2022 di Lamongan, Dimeriahkan Musisi Asal Bandung dan Lokal   |   07:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 10 Agustus 2022: Pagi Sebagian Berawan, Siang sampai Malam Hujan Ringan   |   06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Latih Kreatifitas Anak Melalui Pembuatan Wayang Damen

bloktuban.com | Saturday, 16 October 2021 18:00

Latih Kreatifitas Anak Melalui Pembuatan Wayang Damen Para siswa mengikuti kemah tunggak damen. (Foto: blokTuban.com/Savira Wahda Sofyana)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Damen merupakan daun dari padi yang sudah dipanen oleh para petani dan telah mengering. Saat ini damen di Kabupaten Tuban memang sangatlah melimpah, hal tersebut dikarenakan banyaknya petani yang sedang panen raya.

Dengan adanya hal tersebut, pemuda bergerak yang ada di Desa/Kecamatan Plumpang, mengadakan kegiatan kemah tunggak damen pada Sabtu (16/10/2021). Dalam acara perkemahan ini, dibagi menjadi dua waktu yaitu pada siang hari dan juga malam hari.

Di siang hari, acara yang diselenggarakan di area persawahan tikungan tajam tersebut, meliputi pembuatan boneka damen, wayang damen, dan juga wong-wongan sawah dengan diikuti oleh RA. Nurul Jadiid Sembungejo. Nampak seluruh anak-anak yang menjadi peserta sangat menikmati acara tersebut, hal ini dibuktikan dengan adanya senyum merekah yang nampak di bibir seluruh anak.

“Alhamdulillah ini ada sinergi dari teman-teman, jadi kami mencoba mengadakan kemah bersama untuk memperkenalkan lingkungan dengan membuat workshop membuat wayang dari damen,” ungkap Kepala RA. Nurul Jadiid, Siti Khotimah saat ditemui ditempat perkemahan.

Selain itu, Siti Khotimah juga mengatakan bahwa hal ini dilatar belakangi karena adanya damen yang melimpah dan hanya digunakan sebagai pakan sapi saja oleh masyarakat sekitar. Dengan adanya pengenalan lingkungan semacam inilah, anak-anak jadi bisa mengerti bahwa damen juga bisa dimanfaatkan sebagai mainan.

Hal senada juga dikatakan oleh Bambang salah satu tokoh pemuda yang ada di desa Plumpang, bahwa adanya pengenalan pembuatan wayang dari damen ini bertujuan untuk melatih kreativitas anak dan memanfaatkan hal yang sudah ada di alam.

“Mengenalkan anak-anak tentang alam, jadi kembali mengenalkan apa itu padi, apa itu damen, harapannya nanti kreativitas anak terasah,” jelasnya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi anak-anak bahwa mainan yang bisa dimainkan tidak harus dibeli, tapi juga bisa dibuat sendiri dengan kreativitas tangan.

“Untuk langkah kedepan ini, lebih mengenalkan anak tentang bahwasanya mainan itu tidak selalu tentang gadget, mainan itu tidak selalu harus beli, kita bisa membuat sendiri,” ungkapnya.

Berdasarkan pengalaman  pribadi yang telah dilalui Bambang, membuat mainan wayang dari damen merupakan masa-masa indahnya diwaktu kecil, oleh sebab itu ia juga ingin anak-anak zaman sekarang ikut merasakan kebahagiaan yang pernah dirasakannya dahulu.

“Dulu mungkin saya dan angkatan kakak-kakak saya waktu kecil, menggembala sapi atau menggembala kambing, kita membuat wayang-wayangan dari damen, dan itu menurut saya pribadi adalah waktu yang indah, jadi harapannya anak-anak sekarang, generasi hari ini masih bisa merasakan memori itu,” tutupnya. [sav/sas]

Tag : damen, plumpang, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat