Pemdes Kumpulrejo Berdayakan Ekonomi Pemuda Lewat Peternakan

Rrporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan dalam pemberdayaan ekonomi pemuda. Entah itu dari segi kreativitas, berdagang, hingga peternakan. Salah satu seperti yang digiatkan oleh Pemerintah Desa (pemdes) Kumpulrejo, Kecamatan Parengan ini misalnya.

Semangat dan kemauan yang tinggi para pemuda Desa Kumpulrejo, dipandang positif oleh Kunarsono, Kepala Desa Kumpulrejo. Apalagi peluang pasar yang terbuka, menjadikan ia mantap memoles kekompakkan pemuda menjadi sebuah kerja tim yang menghasilkan pundi tambahan.

"Sudah hampir satu tahunan kita menggiatkan peternakan lele yang dipegang langsung oleh pemuda," ungkap Kunarsono.

Dalam pengerjaan sehari-hari, tambah Kades Kumpulrejo yang dikenal ramah itu, ada 15 pemuda yang bergantian mengurusi kolam lele. Jenis kolamnya sendiri berbahan terpal yang disangga dengan lingkaran besi.

Total keseluruhan dari 5 kolam terpal yang ada, setidaknya 7000 ekor lele dirawat rutin mengikuti prosedur pembesaran yang sebelumnya telah dipelajari dari Dinas Peternakan Kabupaten Tuban.

Para pemuda Karang Taruna Desa Kumpulrejo, diberikan tanah kosong dari desa. Lengkap dengan sebuah rumah yang dijadikan markas tim kelompok ternak muda ini.

"Kita serahkan semua pengelolaan peternakan lele ini kepada pemuda, supaya nanti setelah benar-benar hidup berumah tangga bisa menjadi salah satu bekal untuk meningkakan taraf ekonomi," lengkapnya kepada blokTuban.com, Rabu (6/10/2021). [feb/sas].