20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Parengan Jadi Kecamatan Pertama Laporkan Kekeringan di Tuban

bloktuban.com | Monday, 20 September 2021 12:00

Parengan Jadi Kecamatan Pertama Laporkan Kekeringan di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Pemerintah Kecamatan Parengan menjadi kecamatan pertama di Kabupaten Tuban yang melaporkan wilayahnya dilanda bencana kekeringan di tahun 2021. Sedikitnya ada empat desa yang membutuhkan bantuan droping air.

Pemberitahuan kekeringan wilayah di tepian Kali Kening atau anak Sungai Bengawan Solo tersebut telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. Saat ini tim BPBD sedang melakukan asesment sebagai tindak lanjut.

“Dari 20 kecamatan baru Parengan yang mengajukan kekeringan ke BPBD. Empat desa yang mengalami kekeringan yakni Desa Pacing, Brangkal, Selogabus, dan Kumpulrejo,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tuban, Yudi Irwanto ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (20/9/2021).

Sesuai peta Kabupaten Tuban, Desa Pacing dan Selogabus terletak di sisi utara Kali Kening. Sedangkan Desa Brangkal dan Kumpulrejo berada di sisi selatan anak Sungai Bengawan Solo itu.

Keberadaan Kali Kening sendiri ketika musim penghujan menjadi denyut nadi bagi pertanian di Tuban selatan. Sebaliknya saat kemarau tiba, sungai yang memiliki hulu di Rembang Jawa Tengah itu akan mengalami penyusutan debit air hingga mengering.

Diberitakan sebelumnya, bulan Oktober 2020 lalu Kecamatan Parengan juga mengalami kekeringan dan BPBD langsung mengirim air bersih untuk warga. Waktu ada tiga desa sasaran droping air yaitu Desa Parangbatu, Selogabus, dan Kumpulrejo.

Data BPBD Tuban tahun 2020, ada 55 desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban mengalami kekeringan. Mulai dari Kecamatan Semanding, Grabagan, Rengel, Soko, Parengan, Merakurak, Montong, Senori, Jatirogo, Kenduruan, dan Palang.

Setidaknya ada tiga klasifikasi kekeringan di Tuban, yakni kering langka terbatas I (jarak sumber air 0,1-0,5 Kilometer), kering langka terbatas II (jarak sumber air 0,5-3 Km), dan kering langka terbatas III (jarak sumber air lebih dari 3 Km). [ali/sas]

Tag : bpbd, tuban, parengan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat