10:00 . Lirik dan Chord Lagu Alun-Alun Nganjuk - Denny Caknan Feat Yeni Inca | Trending Youtube DC Production   |   09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Petani Sidomukti Diajari Buat Pupuk Decomposer

bloktuban.com | Sunday, 15 August 2021 13:00

Petani Sidomukti Diajari Buat Pupuk Decomposer

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Sejumlah petani di Desa Sidomukti Kecamatan Kenduruan, Tuban diajari membuat pupuk decomposer. Praktik tersebut setelah mereka mengikuti Ngaji Tani yang digelar mahasiswa KKN PAR IAI Al-Hikmah Tuban, Minggu (15/8/2021).

Participatory Action Research (PAR) merupakan metode yang digunakan oleh Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa tahun ke belakang.

Tahun 2021 inipun, PAR kembali dilaksanakan di salah satu desa di Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban, yaitu Desa Sidomukti. PAR menjadi paket komplit bagi mahasiswa untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Participatory Action Research (PAR) adalah metode riset yang dilaksanakan secara partisipatif di antara warga masyarakat dalam suatu komunitas atas bawah yang semangatnya untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif melakukan pembebasan masyarakat dari belenggu ideologi dan relasi kekuasan (perubahan kondisi hidup yang lebih baik).

Kegiatan Ngaji Tani yang diselenggarakan di balai Desa Sidomukti ini dihadiri oleh semua ketua kelompok tani Desa Sidomukti dari lima dusun yang ada di desa yang didominasi oleh petani tersebut.

Ada tiga pemateri yang hadir, yaitu Mubarok Arifin selaku perwakilan dari Asosiasi Petani Indonesia (API JATIM), Wakhid hasyim selaku perwakilan LPP-NU SOKO (Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama), serta Arzikhu Ridhoatullah selaku serikat petani Tuban.

Kepala Desa Sidomukti yang diwakili oleh perangkat desa Ali Masykur berharap semua petani yang hadir bisa mengambil intisari dari narasumber dan diharapkan bisa membantu untuk pertanian Desa Sidomukti.

“Diharapkan setelah mendapat ilmu baru para kelompok tani bisa berdiskusi dengan pemerintah desa dan bisa di anggarkan di APBDES,” ucapnya.

Mubarok Arifin selaku pemateri mendorong petani yang canggih, punya mibdset berpikir kita sebagai negara agraris, petani berperan penting terhadap pangan negara.

”Paling tidak ada pembenihan sendiri di desa ini, juga pola tanam perlu diperhatikan untuk mengusir hama tikus, harus ada skema dijadikan benih,” tambah Wakhid Hasyim.

Arzikhu juga menambahkan hal yang penting adalah usaha untuk selalu memperbaiki tanah, selain itu aplikasi obat rumput yang terlalu tinggi dapat mematikan mikroorganisme baik. Selain penyampaian materi dari ketiga pemateri, terdapat pula praktik yang dilaksankan, sehingga ada perpaduan yang lengkap baik dari materi maupun praktik.

Dalam kegiatan tersebut ada praktik pembuatan pupuk decomposer. Niswatin Nurul Hidayati, selaku Dosen Pendamping Lapangan Pertama berharap acara hari ini dapat membawa Sidomukti yang lebih baik kedepannya khususnya dalam bidang pertanian

“Semoga KKN Participatory Action Research (PAR) dapat terus dilaksanakan, dimana mahasiswa dapat belajar untuk meneliti sekaligus mengabdi kepada masyarakat,” tandasnya. [ali/col]

 

 

 

Tag : Petani, pupuk, ngaji



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat