18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BNNK Tuban Musnahkan Barang Bukti Ganja Kering Seberat 1,5 Kilogram

bloktuban.com | Wednesday, 04 August 2021 12:00

BNNK Tuban Musnahkan Barang Bukti Ganja Kering Seberat 1,5 Kilogram

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban memusnahkan barang bukti (BB) ganja kering seberat 1,5 kilogram (kg). BB ganja kering tersebut merupakan hasil pengungkapan  penyelundupan narkotika antarpulau melalui jasa ekspedisi.

Pemusnahan BB tersebut dilakukan dengan cara dibakar di halaman kantor BNNK Tuban yang dihadiri oleh Wakil Bupati Tuban, Kasat Narkoba Polres Tuban serta Perwakilan Kejari Tuban, Kodim 0811/Tuban, Rabu (4/8/2021).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Riyadi mengungkapkan, apresianya terhadap BNNK Tuban yang telah berhasil mengungkap penyelundupan narkotika jenis ganja. 

Selain itu, Wabup juga mengapresiasi  semua pihak termasuk masyarakat yang pro aktif memberikan informasi kepada aparat.

"Kita sangat mengapresiasi kepada semua pihak, dalam hal ini masyarakat yang pro aktif memberikan informasi kepada BNNK maupun pihak kepolisian," terang Wabup Tuban.

Dia menambahkan, mudah-mudahan dengan pengungkapan kasus ini bisa memberikan efek jera terhadap pelaku, serta bisa memberikan pelajaran terhadap masyarakat luas agar menghindari penyalahgunaan narkotika.

Sementara itu, Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana menyampaikan, hari ini BNNK Tuban memusnahkan BB narkotika jenis ganja kering dari hasil pengungkapan.

"Jadi, setelah disisihkan sesuai dengan ketentuan undang-undang dan setelah mendapatkan penetapan status dari kejaksaan negeri dan setelah melalui uji laboratorium forensik. Maka, dalam waktu yang telah ditentukan ini kita musnahkan barang bukti, sedangkan untuk yang disisihkan kita gunakan dalam sidang di pengadilan," kata AKBP I Made Arjana.

Dalam pemusnahan ini, lanjut I Made tersangka Bob Marozas (44) juga turut dihadirkan untuk menyaksikan pemusnahan tersebut.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dikenakan pasal 114 ayat 2 dan 111 Ayat 2 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 6 tahun hingga hukuman mati. "Dikarenakan, tersangka ini tidak hanya menguasai atau menyimpan, akan tetapi sebagai perantara atau penyuplai," pungkasnya.

Sebatas diketahui, pengungkapan penyelundupan Narkotika jenis ganja kering itu berawal saat tim dari BNNK Tuban mendapatkan informasi terdapat pengiriman Ganja melalui jasa pengiriman ternama dengan tujuan Tuban. 

Selanjutnya, untuk melakukan pelacakan petugas BNNK Tuban melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan BNNP Jawa Timur.

Dari hasil penyelidikan itu memang benar adanya pengiriman satu paket yang beralamatkan ke rumah mertua tersangka yang ada di Desa Mojomalang, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. 

Sehingga tim BNNK Tuban melakukan pengintaian dan menunggu barang itu dikirimkan sampai ke alamat tersangka yang diatasnamakan dengan nama anaknya.

Untuk memastikan bahwa paketan ganja itu memang benar di pesan oleh tersangka Bob Marozas, petugas BNNK Tuban mengintai hingga tempat tinggal pelaku. Selanjutnya, setelah paketan diterima petugas langsung melalukan penggrebekan dan meminta pelaku untuk membuka isi dari paketan kardus besar itu.

Dua paket Ganja yang disimpan di dalam batal yang dikirim melalui jasa pengiriman itu diketahui beratnya masing-masing 1.024,3 gram dan 479,4 gram. Paket ganja tersebut dikirim oleh kenalan pelaku yang berinisial B dari luar Jawa dan saat ini masih dalam pengembangan oleh pihak BNNK Tuban.[hud/ono]

 

Tag : barang bukti narkoba dimusnahkan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat