79 Kasus Baru Corona Tercatat Dalam Sehari

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Setelah kasus terkonfirmasi positif terlaporkan tidak lebih dari 15 kasus per hari, Dinas Kesehatan Tuban merilis data yang mengejutkan publik, Sabtu (3/7/2021).

Dalam sehari tercatat 79 kasus baru terkonfirmasi positif per tanggal 2 Juli 2021 dengan jumlah total kumulatif 4204 kasus. Lonjakan lima kali lipat dari sebelumnya tersebut keluar sehari menjelang pemberlakukan PPKM Darurat level tiga di Kabupaten Tuban.

Dari 79 kasus terkonfirmasi baru, 26 kasus diantaranya tersebar di Kecamatan Tuban. Meliputi Desa Sumurgung (3), Sugiharjo (1), Kelurahan Perbon (6), Latsari (6), Sidorejo (4), Ronggomulyo (1), Baturetno (2), dan Kingking (3). Kecamatan Tambakboyo mendapat tambahan dua kasus baru di Desa Glondonggede (2).

Kecamatan Semanding ada tambahan (+12), tersebar di Desa Bejagung (1), Tegalagung (1), Bektiharjo (1), Jadi (1), Widengan (1), Genaharjo (1), Kelurahan Karang (5), dan Gedongombo (1).

Kasus baru juga ditemukan di Kecamatan Bancar (+6), menyebar di Desa Karangrejo (1), Sumberan (1), Sembungin (1), Banjarjo (1), Bulujowo (1), dan Tlogoagung (1). Dua kasus baru di Kecamatan Plumpang (+2) di Desa Plumpang (1) dan Sumberagung (1).

Kerek dua kasus baru (+2) di Desa Trantang (1) dan Sumberarum (1). Jenu (+9) ada di Desa Tasikharjo (1), Sugihwaras (2), Jenggolo (1), Socorejo (1), Wadung (1), Mentoso (1), Karangasem (1), dan Remen (1). Di Palang tambah tujuh kasus (+7) dan ada di Desa Karangagung (2), Gesikharjo (1), Leran Kulon (1), Pliwetan (1), Tasikmadu (1), dan Kradenan (1).

Kecamatan Rengel bertambah dua kasus (+2) ada Desa Rengel (1) dan Maibit (1). Di Kecamatan Widang (+4) menyebar di Desa Simorejo (1), Ngadirejo (1), Mrutuk (1), dan Compreng (1). Montong tambah satu kasus (+1) di Desa Pucangan. Begitupula Kecamatan Merakurak (+1) ada di Desa Sambonggede.

Untuk Kecamatan Bangilan (+3) dan ada di Desa Sidodadi (3). Soko (+1) ada di Desa Kenongsari. Singgahan juga ada satu kasus (+1) ada di Desa Mulyoagung.

Sementara jumlah kumulatif meninggal dunia 448 orang dan pada tanggal 2 Juli 2021 terlaporkan dua orang meninggal di Plumpang (+1) dan Bangilan (+1). Angka sembuh jumlah kumulatifnya 3640 orang.

"Yang baru sembuh ada 14 orang tersebar di Bancar (+2), Tambakboyo (+2), Plumpang (+2), Singgahan (+1), Bangilan (+1), Tuban (+5), dan Semanding (+1)," kata Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo.

Mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo ini saat dikonfirmasi perihal lonjakan kasus belum mau berkomentar panjang lebar. Ia justru mengirim surat edaran PPKM Darurat Kabupaten Tuban yang dimulai tanggal 3-20 Juli 2021 kepada reporter blokTuban.com.

Isi surat edaran tersebut menutup semua fasilitas umum seperti tempat ibadah, taman, wisata. Selain itu membatasi jam operasional tempat pemerintahan, perbankan, perhotelan, swalayan, pasar, toko modern, hingga toko kelontong.

Vaksinasi juga akan dipercepat dengan target 20 ribu per hari sesuai target Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki. 5M dan 3T juga akan terus digencarkan sebagai ikhtiar melawan pandemi Covid-19. [ali/mu]