Pasca Lebaran, Penjual Ikan Laut Masih Langka

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Ikan laut masih langka di pasar tradisional Desa Simorejo, Kecamatan Widang Kabupaten Tuban, Selasa, (18/5/2021).

Sejumlah pedagang ikan laut yang ditemui di pasar tradisional Desa Simorejo mengatakan, kelangkaan ikan laut memang biasa terjadi hingga sepekan kedepan pasca Lebaran.

"Memang sudah biasa ikan laut langka pasca Lebaran, karena masih banyak nelayan belum melaut," kata Marwah salah satu penjual ikan.

Sementara Supiyani menjelaskan bahwa belum ada sama sekali stok ikan laut yang dijual, saat ini hanya ada ikan sawah atau tambak yang bisa dijual, itupun jarang.

"Sama sekali tidak ada ikan laut. Yang ada ya ikan tambak dan sawah, itupun jarang dan tidak banyak. Cuma ada beberapa jenis, Mujaer, Gabus, Bader, Lele dan dan lainnya, " jelas Supiyani pedagang ikan dipasar yang sama.

Sementara itu menurut Siti, salah satu penjual ayam broiler menuturkan bahwa, kondisi harga ayam masih alami kenaikan.

"Sekarang ini Ikan laut masih langka,harga ayam broiler juga tetap Rp 40.000 per Kilogram, sedangkan harga normalnya Rp 32.000 per Kilogram," tutur siti penjual ayam potong.

Terpantau menurut data Siskaperbapo yaitu sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok di Jawa Timur, harga daging sapi murni di kisaran Rp110.000 per kilogram, harga daging ayam broiler Rp 38.500 per kilogram, daging ayam kampung Rp 70.000 per kilogram serta ayam ras/petelur Rp 22.666 per kilogram. [mal/sas]