Jelang Lebaran, Omzet Pedagang Pakaian di Pasar Baru Tuban Naik 

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com – Toko pakaian muslimah di Pasar Baru Tuban di penuhi pembeli. Omzet pedagang pakaian muslimah ikut mengalami peningkatan tajam menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Rabu (28/04/2021).

“Alhamdulillah berkah ramadan, penjualan meningkat dari hari biasa. Yang paling laris baju gamis, dari harga 60 sampai ratusan ribu,” jelas Asikan (50), saat di temui Reporter blokTuban.com di Pasar Baru Tuban.

Beberapa pembeli terlihat memadati ruas jalan pasar hingga masuk pada toko sekitar. Kepadatan ini telah terjadi sejak H-15, sebab banyak sekali pembeli menyerbu busana muslim bersama keluarga, tetangga dan anak-anak.

Menurut Asikan, lonjakan permintaan baju biasanya akan lebih meningkat besok H-2, atau malam Lebaran, sebab THR sudah dibayarkan sehingga konsumen memiliki uang untuk berbelanja.

“Kalau sudah mulai ramai seperti ini, biasanya akan terjadi sampai H-2 lebaran. Alhamdulillah, ramadan tahun ini berkah,” 

Hal ini senada yang diungkapkan pedagang lainnya, Feri (40), dirinya mengatakan menjelang Lebaran penjualan pakaian meningkat, tapi tak memprediksi akan seramai ini karena kondisi masih pandemi. Sehingga ia hanya menjual seadanya.

"Saya sudah menduga menjelang lebaran penjualan pasti meningkat, tapi karena kondisi pandemi saya kira normal biasa. Alhamdulillah sekarang omzet bisa naik tiga kali lipat," katanya.

Feri juga mengatakan, menjelang Lebaran harga pakaian naik dengan kenaikan tiap potong pakaiannya mencapai Rp 20 ribu dibandingkan dengan hari biasa. 

"Alhamdulillah sangat bersyukur, semoga pedagang lain merasakan hal yang sama,” ungkapnya. [ulf/ono]