Bulan Ramadan, Pejabat Kantor Kemenag Tuban Silaturrahmi ke Ketua MUI Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Memasuki pekan kedua Bulan Suci Ramadan, jajaran pegawai Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban melakukan silaturrahmi ke para tokoh agama Kabupaten Tuban, Senin (19/4/2021).

Kali ini, kunjungan untuk silaturrahmi tersebut dilakukan di kediaman Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tuban KH. Abdul Matin Djawahir di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Dalam kunjungannya itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban didampingi oleh beberapa pejabat Kantor Kemenag yang lain, di antaranya Kasi PD Pontren Achmad Badrus Sholeh, Kasi Bimas Islam Mashari, Kasi Haji Umi Kulsum, Kasi PAIS Abdul Karim, Penyelenggara Syariah Imam Syafi'i, dan Pranata Humas Laidia Maryati.

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid mengatakan, dengan menjaga silaturahmi ke tokoh agama dan masyarakat ini menjadikan hubungan akan lebih sangat baik.

"Kalau ulama dan umaro itu dekat dan sering saling silaturahim sering bertemu, menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan keumatan insyaalah keadaan ini akan tetap adem ayem, tentram, dingin, sejuk," ujar Sahid.

Menurutnya, kegiatan silaturahim ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para tokoh masyarakat yang telah membantu salah satu tugas Kankemenag Tuban dalam memberikan penerangan dan penyuluhan keagamaan.

Tokoh Masyarakat atau Kiai, lanjut Sahid merupakan guru bagi kita serta masyarakat dalam memberikan ilmu agama, memberikan ketauladanan dan pencerahan bagi kehidupan beragama di masyarakat. Selain itu, keberadaaan kiai juga merupakan hal penting, terlebih lagi di era pandemi sekarang ini.

"Tugas Kemenag menjadi mudah dengan keberadaan para kiai, ikut mencerdaskan anak bangsa dan masyarakat dalam menata moral, etika sopan santun, dan edukasi kepada masyarakat di era pandemi," imbuh Kepala Kantor Kemenag Tuban.

Sebatas diketahui, dalam kegiatan silaturrahim hari ini dengan menyerahkan bingkisan tanda sayang, selain itu juga menyerahkan bantuan kepada Pesantren Sunan Bejagung Semanding.[hud/col]