Rusak Diterjang Banjir, Dinas PUPR Minta Pemborong Perbaiki TPJ Sepanjang 120 Meter

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tembok Panahan Jalan (TPJ) di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban diketahui rusak parah akibat terjangan banjir beberapa waktu lalu.

Kerusakan TPJ sepanjang 120 meter mendapat sorotan warganet di media sosial. Tak sedikit komentar soal teknis pembuatan TPJ tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tuban, Agung Supriyadi segera meminta pemborong memperbaikinya.

"TPJ yang rusak diterjang banjir sepanjang 120 meter," ujar Agung Supriyadi ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (11/1/2021).

Agung menambahkan, perbaikan akan segera dilakukan sesuai dengan spek teknis yang ada. Kebetulan proyek masih dalam masa pemeliharaan dan tanggungjawab pemborong.

Kerusakan TPJ sesuai data di Dinas PUPR karena banjir luapan avur Jambon belakangan ini. Sungai yang telah dinormalisasi masih tidak mampu menahan debit air kiriman dari hulu.

Selain TPJ tersebut tembok penahan di depan TPJ sepanjang 15 meter juga jebol. Harapannya setelah diperbaiki, TPJ tidak rusak lagi akibat banjir.

Perlu diketahui, avur Jambon terletak di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban. Menampung air dari wilayah Jadi Kecamatan Semanding. Apabila meluap berdampak di beberapa desa yang ada di Kecamatan Merakurak. [ali/ono]