10:00 . Waktu Siang Lebih Panjang, Ini Daftar Negara yang Puasa Lebih dari 17 Jam   |   09:00 . Malam Lailatul Qadar Ramadan 2023 Kapan? Ini Berkah Dibaliknya   |   08:00 . Setelah Lamongan, Kini Pemkab Tuban Usul Tambahan Exit Tol   |   07:00 . Insentif Guru TPQ Tuban 3 Bulan Baru Cair, Besarannya Tetap Rp200 Ribu/ Bulan   |   06:00 . Serial Workshop Trusted News Indicator, Ketua AMSI: Produk Media Harus Bisa Jadi Rujukan   |   05:00 . Jokowi Minta PSSI Fokus Sanksi FIFA   |   04:00 . Truk Parkir di Tuban Ditabrak Pengendara Motor Dua Kali, Satu Tewas, Dua Dilarikan ke RS   |   03:00 . Dua Truk dan 1 Motor Alami Kecelakan Karambol di Ring Road Tuban, Sopir Terjepit   |   23:00 . Masak Pakai Kayu Bakar, Rahasia Bubur Suro di Tuban yang Terkenal Nikmat   |   22:00 . GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban Lokasi Ngabuburit Sambil Olahraga Jelang Buka Puasa   |   21:00 . Resep Bubur Suro Khas Ramadan di Tuban yang Kaya Rempah dan Bergizi   |   20:00 . Cara Asik Pemuda Tuban Tunggu Waktu Magrib Bersantai di Pantai Gerdu Laut   |   19:00 . Selama Ramadan 2023, Angkutan Pelajar di Tuban Tetap Beroperasi   |   18:00 . Harga Cabai Rawit di Dua Pasar Tuban Merangkak Naik   |   17:00 . Musim Tanam April-September 2023, Stok Pupuk Subsidi Tersedia 294.466 Ton   |  
Sat, 01 April 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tempel KTP di Mesin APM, Warga Socorejo Bisa Cetak Surat dari Kantor Desa

bloktuban.com | Thursday, 07 January 2021 09:00

Tempel KTP di Mesin APM, Warga Socorejo Bisa Cetak Surat dari Kantor Desa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Di awal tahun 2021, warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu telah memanfaatkan mesin Anjungan Pelayanan Mandiri (APM). Mesin ini sudah bisa digunakan dan melayani kebutuhan surat menyurat warga setempat.

Tahun 2020 mesin APM telah diterapkan di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, dan di tahun 2021 rencananya akan diterapkan di 70-an desa di Kabupaten Tuban.

Dengan mesin APM ini, warga tidak perlu ribet dan susah dalam mengurus surat-surat dan dokumen lainnya. Cukup menempelkan KTP di mesin APM lalu pilih kebutuhan surat apa yang mau di cetak, secara otomatis surat akan tercetak dan keluar dari mesin APM.

"Inovasi ini kerjasama Pemdes Socorejo Bersatu dengan Dinas Kominfo Kabupaten Tuban," ujar Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Kamis (7/1/2021).

Perlu dipahami juga, APM desa beda dengan daerah. Surat yang keluar dari mesin APM Tuban telah menggunakan tanda tangan elektronik. APM Tuban telah menggunakan tanda tangan elektronik dan sudah terdaftar di Balai Sertifikasi Elektronik (BSRE).

Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan TIK Diskominfo Tuban, Agus Heru Purnomo menjelaskan, sistem APM merupakan alat yang ditanam sistem untuk membuat surat pengantar warga secara mandiri, dan pengoperasiannya layaknya mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Sebelum memakai APM, warga harus mendaftarkan e-KTP dan nomor telepon seluler di admin untuk mendapatkan PIN. Proses ini hanya sekali, untuk pengurusan berikutnya surat pengantar apapun cukup mendatangi mesin APM.

Sistem pelayanan untuk masyarakat ini datanya terintegrasi dengan Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) Disdukcapil Tuban. Masyarakat yang akan mengurus surat pengantar tinggal menempelkan e-KTP di NFC reader (pembaca data e-KTP) yang ada di mesin APM.

“Selanjutnya memilih jenis surat yang dibutuhkan. Untuk melacak keberadaan surat dan mendapatkan kode cetak, pemohon akan mendapatkan SMS dari sistem,’’ terangnya dilansir dari laman tubankab.

Berdasarkan peraturan UU ITE No. 11 Tahun 2018 dan Perbup Tuban No. 21 Tahun 2011, secara hukum surat layanan yang dihasilkan dari mesin APM ini sah. Karena telah menggunakan tanda tangan elektronik (TTE) pejabat yang berwenang.

"Surat yang dihasilkan APM bisa dicek keasliannya dengan mengakses aplikasi Tuban Smart City,” pungkasnya. [ali/ono]

 

Tag : apm, mandiri, socorejo, jenu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat