Sempat Molor Sebulan, Jembatan Cincin Lama Resmi Dibuka Open Traffic

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sempat molor sebulan, jembatan cincin lama penghubung Kabupaten Tuban-Lamongan akhirnya resmi dibuka Open Traffic untuk operasional lalu lintas, Kamis (7/1/2021).

Open Traffic dihadiri Satlantas Polres Tuban, Dinas Perhubungan Tuban, Kapolsek Widang, Koramil Widang, Kapolsek Babat, Satlantas Lamongan, PPK 4.5 dan kontraktor proyek jembatan.

Kaur TU Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 4.5 Wahyu Anang mengatakan, proyek pembangunan jembatan berjalan sepuluh bulan dengan diberi perpanjangan satu bulan.

“Hari ini Jembatan Cincin Lama resmi dibuka Open Traffic untuk operasional lalu lintas. Untuk pengerjaan sendiri molor satu bulan,” ujar Anang.

Adapun pembangunan jembatan mulanya ditargetkan rampung 10 Desember. Target itu kemudian molor karena belum adanya fasilitas lalu lintas, marka jalan, serta penahan jembatan yang belum terpenuhi.

Ditambahkan untuk tingkat ketahanan jembatan sendiri sudah melalui beberapa tahap dari mulai uji coba maupun kajian. Sehingga jembatan sudah layak untuk beroperasi.

“Untuk di sisi utara ada beberapa kekurangan, nantinya akan ada beberapa perbaikan. Tetapi secara umum sudah layak untuk lalui dari hasil kajian,” imbuhnya.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Tuban, Iptu Jamhari menjelaskan sudah ada kesepakatan dari pihak Forum Lalu Lintas untuk membuka jembatan dan sudah melalui tiga kali rapat koordinasi.

Rambu-rambu lintas untuk penguna jalan sudah terpenuhi semua seperti marka jalan, barikade jalan dan sudah melalui uji tes. Kekurangannya bisa dibenahi sambil berjalan.

“Alhamdulillah semua kemarin dilakukan tes, ada dump truk bermuatan dikasih per, jadi kelenturan sudah sesuai,” tandasnya. [ali/ito]