09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |   09:00 . Lirik dan Chord Gitar Disana Menanti Disini Menunggu - Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae) | Trending Youtube   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pemkab Tuban Serahkan Dana Hibah 10 Miliyar Untuk TPQ, Pesantren dan Masjid

bloktuban.com | Wednesday, 07 October 2020 13:00

Pemkab Tuban Serahkan Dana Hibah 10 Miliyar Untuk TPQ, Pesantren dan Masjid

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyerahkan bantuan dana hibah sebesar 10 Miliyar kepada Taman Pendidikan Quran (TPQ), Pondok Pesantren, Masjid serta Lembaga Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Tuban, Rabu (7/10/2020).

Penyerahan dana hibah yang bersumber dari P-APBD Tahun Anggaran 2020 tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda bersamaan dengan acara Doa Bersama di Pendopo Kridho Manunggal Tuban.

Pada kesempatan itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda menyampaikan banyak terima kasih kepada pengelola dan para guru TPQ Pesantren, serta lembaga kemasyarakatan yang hadir dalam acara Doa bersama serta penyerahan dana hibah pagi ini.

"Hibah yang diberikan ini sebagai bentuk stimulus dari Pemkab Tuban untuk membangun. Dan banyak pengelola yang membangun TPQ mapun pesantren lebih dari nilai hibah yang diberikan, hal ini berkat keikhlasan pengelola dan orang tua santri," ujar Bupati Tuban.

Menurutnya, hingga pertengahan tahun 2020 di kabupaten Tuban telah tercatat ada sebanyak 1.130 TPQ, dengan rata-rata setiap lembaga memiliki 100 santri. Keberadaan TPQ disetiap desa menjadi upaya untuk mencerdaskan dan membentuk karakter generasi penerus Islami sesuai tuntunan Al-Qur'an.

Bupati asal Montong tersebut juga mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 menjadi pelajaran dari Allah SWT kepada manusia untuk muhasabah diri. Virus Corona menyerang semua lapisan masyarakat, tanpa memandang kelas sosial maupun profesinya.

"Di kabupaten Tuban, 50 tenaga medis terpapar Covid-19, karenanya harus waspada. Serta sebagai ikhtiyar mari kita memperbanyak dzikir dan doa agar Covid-19 segera sirna," jelasnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Tuban, Eko Julianto menerangkan total nilai bantuan hibah yang diserahkan mencapai 10,3 miliar yang bersumber dari P-APBD Kabupaten Tuban tahun anggaran 2020.

Adapun 201 penerima dana hibah terdiri dari 127 TPQ, 24 Masjid, 20 mushola, 19 pondok pesantren, 12 lembaga, 1 gereja, dan 1 Kementerian. 

"Untuk bantuan hibah yang diserahkan kepada Kantor Kemenag Tuban digunakan untuk pembelian alat Rukyatul hilal dan pembangunan pagar pada Kantor Pelayanan Haji Kabupaten Tuban," terang Eko.

Dia menambahkan, besaran bantuan yang diserahkan kepada setiap penerima dana hibah minimal 25 juta dan paling banyak 100 juta. Sebelumnya Pemkab Tuban melalui Bagian Kesra Setda Tuban terlebih dahulu melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan. "Proses peninjauan dipimpin bapak Bupati Tuban," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Doa bersama dan penyerahan hibah tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Tuban, H. Noor Nahar Hussein, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid, Kabag Kesra Setda Tuban, Eko Julianto, Ketua MUI Tuban, KH. Abdul Matin Djawahir.[hud/ito]

Tag : dana, hibah, pemkab, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat