Pembangunan Pasar Baru Tuban Tahap 1 dan 2, Pemkab Gelontorkan Rp4 Miliar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban meninjau progres pembangunan Pasar Baru yang berada di Jalan Gajahmada Tuban, Selasa (6/10/2020).

Dalam kegiatannya itu, Kepala Diskoperindag Tuban, Agus Wijaya menyampaikan progres pembangunan Pasar Baru Tuban tahap 1 dan tahap 2 telah mencapai sekitar 70 persen dengan jumlah kios dan los yang dibangun sebanyak 619 kios dan 1322 los.

"Progres pembangunan dengan menggunakan biaya APBD mulai tahap 1 dan 2 sudah sekitar 70 persen. Rinciannya tahap 1 hampir 3 miliar dan tahap 2 sekitar 1 miliar, jadi total semua 4 miliar," terang Agus Wijaya di lokasi pembangunan Pasar Baru Tuban.

Dia menambahkan, untuk komponen bangunan Pasar Baru Tuban yang dilakukan oleh Pemkab Tuban adalah atap, tiang, saluran serta talang penghubung antara satu los dengan los yang lain.

"Sedangkan untuk sementara penyelesaian bangunan kios atau los diselesaikan oleh para pedagang," imbuhnya.

Terkait dengan instalansi lisrik mengingat terjadinya kebakaran beberapa bulan lalu disebabkan karena konsleting listring. Diskoperindag bersama PLN dan paguyuban membuat saluran istrik tersebut aman, baik dalam rangka pemeliharaan serta aman untuk proses operasional pasar itu sendiri.

Disamping itu, pemasangan instalansi listrik juga harus sesuai dengan SOP. Sebab, kontruksi bangunan adalah baja ringan, salah satunya adalah pemasangan kabel harus ada pengamanya.

"Kami ingin menyediakan fasilitas pasar nyaman bagi semuanya, pasar ini milik kita bersama, kemudian sama-sama menjaga akses jalan, karena akses yang longgar akan mengundang pengunjung," harapnya.

Sekadar diketahui, Pasar Baru Tuban mengalami kebakaran hebat pada Selasa (3/3/2020) lalu. Kejadian itu membuat ratusan kios ludes serta barang dagangan milik para pedagang ludes.[hud/ito]