20:00 . GUSDURian Bangun Hunian Sementara Unik untuk Korban Gempa   |   19:00 . Dua Tahun Takbir Keliling di Tuban Ditiadakan, Operasi Gabungan Digelar   |   18:00 . Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H   |   17:00 . Takbir Keliling Dilarang, Kapolres Tuban: Silahkan Takbiran di Masjid dan Musala   |   12:00 . Masjid Agung Tuban Tampung 500 Jamaah Salat Idul Fitri   |   07:00 . Cukup Makan Telur 1-2 Butir Sehari, Ini Efeknya Bila Berlebihan!   |   20:00 . Kemenhub Salurkan Paket Sembako Kepada Sopir Angkutan Umum di Tuban   |   19:00 . Dukung Masyarakat di Wilayah Operasinya, EMCL Salurkan 1.320 Sembako   |   18:30 . Live Streaming: Rukyatul Hilal 1 Syawal 1442 H   |   18:00 . Hilal 1 Syawal Tak Terlihat, Puasa Digenapkan 30 Hari   |   17:00 . Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H   |   12:00 . TPPI Santuni Anak Yatim dan Berikan Paket Sembako ke Duafa   |   09:00 . Koramil Widang Santuni 1.080 Janda Miskin dan Yatim   |   08:00 . Jelang Idul Fitri, Pesanan Paket Hampers Lebaran Meroket   |   19:00 . Fakta Baru, Ini Cerita Kepala Madrasah yang Jadi Sasaran Pengrusakan   |  
Wed, 12 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Selain Rapat Umum, Jenis Kampanye Ini Ditiadakan

bloktuban.com | Friday, 25 September 2020 14:00

Selain Rapat Umum, Jenis Kampanye Ini Ditiadakan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) meniadakan segala bentuk kampanye yang mengerahkan massa dalam jumlah banyak. Hal itu dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 selama masa pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Ditiadakannya kegiatan kampanye dengan mengerahkan massa dalam jumlah banyak tersebut tertuang dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2020 yang baru diterbitkan oleh KPU RI, pada Kamis (25/9/2020) kemarin.

Dalam PKPU nomor 13 /2020 disebutkan, pasal 88 huruf C poin (1) Partai Politik atau gabungan partai politik, pasangan calon, tim kampanye, dan/atau pihak lain dilarang melaksanakan kegiatan lain sebagaimana dimaksud Pasal 57 huruf g dalam bentuk:

a.Rapat umum; 
b. Kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, panen raya, dan/atau konser musik; 
c. Kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai; d. perlombaan; 
e. Kegiatan sosial berupa bazar dan/atau donor darah; dan/atau 
f. Peringatan hari ulang tahun Partai Politik.

"Jadi, berdasarkan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 yang memang baru terbit semalam dipastikan kedepan selama tahapan Pilkada Serentak Lanjutan 2020, termasuk di Kabupaten Tuban para Paslon, LO, Tim Kampanye, Parpol dan pihak lainnya tidak lagi diperbolehkan berkampanye dengan bentuk lain. Diantaranya, rapat umum, pentas seni, kegiatan perlomban, kegiatan olahraga dan berbagai bentuk kegiatan yang mendatangkan kerumuman massa," terang Komisioner KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Bhaskoro saat monitoring pelaksanaan pengundian nomor urut Pilkada serentak 2020 Kabupaten Tuban.

Dia berharap, para pasangan calon mematuhi hal itu sebagai bentuk komitmen KPU dalam menindaklanjuti berbagai masukan dan aspirasi dari berbagai pihak agar kegiatan kampanye yang berpotensi mendatangkan kerumunan itu bisa dihindarkan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tuban Fathul Ikhsan menambahkan, usai tahapan pengundian nomor urut Paslon, tahapan selanjutnya yang paling dekat adalah tahapan kampanye yang dimulai pada 26 September. 

Adapun sesuai dengan perubahan aturan kampanye yang baru, kampanye dengan metode rapat umum, bazar serta kampanye yang berpotensi mengumpulkan banyak massa dihapus.

"Jadi, nanti tidak akan ada lagi kampanye dengan metode rapat umum, bazar, Kemudian jalan santai dan yang sifatnya mengumpulkan kerumunan massa itu dihapus. Namun masih diperbolehkan kegiatan rapat terbatas dengan batasan  50 peserta per kegiatan," ungkap Fathul.[hud/col]

Tag : Pilkada, peraturan

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more