18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |   05:00 . Update Cuaca 6 Desember 2022: Empat Wilayah Tuban Hari Ini Hujan Petir   |   19:00 . Belasan Pasar Tradisional di Rembang Direvitalisasi Akhir 2022, Ada yang Telan Biaya Rp5,6 Milyar   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kemenag Tuban Rakor Bersama PA dan Dukcapil

bloktuban.com | Wednesday, 16 September 2020 18:00

Kemenag Tuban Rakor Bersama PA dan Dukcapil

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Guna mengoptimalkan inovasi dalam pelayanan nikah, Kemenag Tuban hari ini menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Pengadilan Agama dan Dinas Dukcapil, Rabu (16/9/2020).

Agenda Rakor sinkronisasi data tersebut, digelar di Aula PLHUT Kemenag Tuban dengan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama, Kepala Dukcapil, Kasi Bimas, Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Tuban dan perwakilan Kepala KUA.

Kepala Kantor Kemenag (Kakanmrnag) Tuban, Sahid mengatakan, Rakor ini membahas terkait itsbat nikah yang ada kaitannya dengan validasi dan percepatan data adminduk yang berhubungan dengan persyaratan pernikahan. 

"Itsbat nikah ini berkaitan dengan nikah massal yang akan dilakukan saat Hari Ulang Tahun Kota Tuban. Dimana peserta nikah massal ini banyak dari kalangan yang sudah tidak muda lagi dan sudah hidup bersama, sehingga sebelum melaksanakan pernikahan harus dilaksanakan sidang itsbat nikah," jelasnya

Masih kata Sahid, maka dari itu jauh hari sudah harus dibahas bersama agar menemukan syarat administrasi dengan mudah namun tetap sesuai dengan ketentuan.

"Sinkronisasi data sangat penting dengan pihak terkait, sehingga antara data Dukcapil, Pangadilan Agama dan Kantor Urusan Agama (KUA) tidak ada perbedaan," kata Kakanmenag Tuban, Sahid menjelaskan.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Tuban Nur Indah, menyampaikan agar program itsbat nikah segera dilaksanakan sesuai anjuran Bupati Tuban. 

"Sukses untuk itsbat didahulukan. Sukses program ini berarti sukses untuk program selanjutnya. Kita berharap bagaimana memperoleh data sebanyak-banyaknya dan tidak bermasalah. Jangan terlalu mendekati acara, karena Hari Jadi Kota Tuban bulan November. Untuk sidang akan diistimewakan," paparnya.

Lebih lanjut, terkait akta dari Dukcapil digarapkan supaya dipercepat. Pihaknya berharap agat sinergi inu terus berjalan dengan baik dan lancar pada tahun-tahun berikutnya.

Isbat nikah adalah sebagai cara dalam pengesahan pernikahan yang belum tercatat secara undang-undang di KUA. Setelah dilakukan pengesahan oleh Pengadilan Agama, maka KUA  mengeluarkan buku nikah, dan Catatan Sipil akan mengeluarkan Kartu Keluarga sesuai dengan data yang tertera dalam buku nikah.

Kepala Dukcapil Kabupaten Tuban, Rahman Ubaid juga mengatakan bahwa ada beberapa persyaratan yang harus disesuaikan terkait sinkronisasi data, yaitu KK dan akta kelahiran. 

"Setelah KK terbit, baru aktanya terbit. Untuk pengantin yang belum punya akta ini yang sulit. Karena ini bersifat istimewa, kesesuaian akta dan KK akan dibantu oleh kelurahan dan kecamatan," ucap Rahman Ubaid.

Selain itu, ada juga data antara NIK dan KK yang kadang sering dijumpai berbeda. Hal ini bisa terjadi karena NIK lama. Sebab, sejak tahun 2012 NIK sudah diperbarui. Akta bisa diperoleh dengan syarat minimal tetapi tetap memicu kepada regulasi.

"Jauh hari sebelum sidang mohon diinfokan ke Dukcapil," pungkasnya. [feb/col]

Tag : Istbat, nikah, kemenag



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat