55.196 Masker Dibagi Ke Masyarakat se-Kecamatan Montong

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Forkopimca Montong per Jumat (28/8/2020) telah mendistribusikan 55.196 masker kepada masyarakat di wilayahnya. Dukungan ini sebagai langkah menyukseskan Gerakan Tuban Bermasker.

Apel gerakan Tuban bermasker digelar hari ini, dan dilanjutkan sepakbola antara Forkopimca vs Kades se-Kecamatan Montong. Diakhiri dengan bagi masker yang tidak pakai masker sambil sosialisasi Inpres 6 th 2020.

"Edukasi untuk memakai masker terus kami lakukan supaya penyebaran virus Corona di Montong tidak meluas," terang Camat Montong, Suwoto kepada blokTuban.com.

Mantan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) ini, menambahkan Pemerintah Tuban akan mengambil tindakan tegas terhadap pelaksanaan protokol kesehatan. Langkah ini setelah Kabupaten Tuban ditetapkan menjadi Zona Merah penyebaran Covid-19.

Peraturan Bupati (Perbup) yang memuat sanksi lebih tegas bagi Pelanggar Protokol kesehatan sedang disusun. Perbup tersebut akan menyempurnakan Perbup sebelumnya, yaitu Perbup Nomor 34 Tahun 2020 tentang Kewajiban Penggunaan Masker Selama Pandemi.

"Disiplin adalah vaksin untuk kita dan keluarga. Pakai maskermu untuk menyelamatkanku dan begitu sebaliknya," imbuh mantan Sekcam Jenu.

Sehari sebelumnya, sebagai bentuk implementasi dari Intruksi Presiden (INPRES) nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19 serta Peraturan Bupati (Perbup) nomor 34 tahun 2020 tentang Kewajiban Penggunaan Masker, aparat gabungan Kabupaten Tuban melakukan patroli penertiban pengunaan masker.

Dalam patroli gabungan tersebut apabila ditemukan pelanggar langsung diberlakukan sanksi. Sesuai Perbup 34 tahun 2020 sanksi maksimalnya adalah sanksi sosial, dan langsung kita berlakukan yaitu membersihkan area publik bersama tim Saber kota.

Secara bertahap akan ada hukuman denda karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang menyepelekan protokol kesehatan utamanya penggunaan masker. Catatan Satpol PP dalam dua bulan terakhir sudah 1.800 orang yang tak pakai masker diberi sanksi. [ali/rom]