10:00 . KKondisi Terkini Mapolsek Astanaanyar Pasca Bom Bunuh Diri, Densus 88 Terjun ke Lokasi Kejadian   |   09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Letaknya di Tengah Hutan Jati, Tapi Lebih Dikenal Warung Bawah Tanah

bloktuban.com | Saturday, 18 July 2020 18:00

Letaknya di Tengah Hutan Jati, Tapi Lebih Dikenal Warung Bawah Tanah

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemburu kuliner pastinya pernah mendengar istilah warung bawah tanah di Kabupaten Tuban. Lokasinya berada di tengah hutan dan secara administratif masuk kawasan Desa Tunah, Kecamatan Semanding.

Reporter blokTuban.com awalnya penasaran dengan julukan warung bawah tanah. Dalam imanjinasi tempat kuliner ini benar-benar di bawah tanah atau masuk goa.

Ternyata angan-angan tersebut terjawab ketika sampai di lokasi. Sebutan bawah tanah ternyata istilah dari mulut ke mulut pengunjung, di baner warung justru tertulis warung om cemploex.

"Nama cemploex itu hanya julukan tapi kalau bawah tanah letak warung berada atau lebih rendah dari bahu jalan," ungkap pemilik warung, Marjikan kepada blokTuban.com, Sabtu (18/7/2020).

Soal sebutan warung bawah tanah, Marjikan tidak menyoal. Justru dari situlah, warungnya menjadi buruan pecinta kuliner dari luar kota Tuban. Mulai Lamongan, Bojonegoro, hingga Surabaya.

Warung yang cukup mudah ditemukan ini sudah berjalan tiga tahun. Menu utamanya adalah becek mentok, belut dan babat. Disajikan dalam bentuk babat goreng, belut rica dan goreng.

"Dalam sehari belut habis 10 Kilogram, mentok bisa 10 sampai 16 ekor, dan lele empat Kg," imbuhnya.

Beragam menu di warung bawah tanah cukup terjangkau. Untuk lele porsi besar harganya Rp25.000, belut Rp30.000/porsi, becek mentok Rp25.000/porsi. Untuk minumannya istimewa karena khas Tuban yaitu legen dan toak. Ditambah es tes dan es jeruk.

Disinggung omset dalam sebulan, Marjikan tidak pernah menghitungnya. Dalam sehari kisaran Rp3-5 juta. Jika akumulasi dalam 30 hari/sebulan, omset warung bawah tanah minimal tembus Rp90 juta.

Salah satu pengunjung asal Surabaya, Amir Burhanudin sangat menyukai menu khas Tuban. Yaitu belut, becek mentok dan nasi jagung. Menu andalan tersebut tidak ditemuinya di Kabupaten/kota lainnya.

"Selama ada nasi jagung, becek mentok dan belut pasti jadi pilihan utama," sambungnya.

Amir sering singgah di Tuban, dan sangat mudah menemukan menu favoritnya. Karena hampir di setiap kecamatan ada kuliner merakyat dan pedas tersebut. [ali/rom]

Tag : warung, kuliner tuban, warung bawah tanah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat