Guna Lawan Corona, di Tuban Sudah Ada 67 Desa Tangguh Bencana

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan covid-19 di Kabupaten Tuban. Salah satunya dengan pembentukan kampung tangguh bencana, tercatat sudah ada 67 desa tangguh di Kabupaten Tuban.

Kalaska Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Yudi Irawan mengatakan, hingga saat ini sudah ada 67 desa dari 16 kecamatan di Tuban yang sudah di bentuk menjadi desa tangguh bencana guna pencegahan penyebaran covid-19.

 "Sebelum adanya covid-19 sudah ada 64 desa dari 16 kecamatan, sekarang desa - desa tangguh bencana itu kembali kami aktifkan untuk tugas mencegah penyebaran covid-19,"ungkap Yudi Irawan. Selasa,(16/6/2020).

Ia menjelaskan, kedepannya yang menjadi prioritas untuk pembentukan desa tangguh bencana yaitu, desa yang terdapat kasus positf covid-19.

"Memang harapan kami seperti itu, supaya desanya punya peran untuk mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan," ujarnya.

Sedangkan, untuk kelurahan seluruhnya akan dibentuk menjadi kelurahan tangguh bencana. "Untuk kecamatan yang belum terbentuk kelurhan atau desa tangguh bencana, secara bertahap akan kami bentuk,"tandasnya. [nid/ito]