18:00 . Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H   |   12:00 . Masjid Agung Tuban Tampung 500 Jamaah Salat Idul Fitri   |   07:00 . Cukup Makan Telur 1-2 Butir Sehari, Ini Efeknya Bila Berlebihan!   |   20:00 . Kemenhub Salurkan Paket Sembako Kepada Sopir Angkutan Umum di Tuban   |   19:00 . Dukung Masyarakat di Wilayah Operasinya, EMCL Salurkan 1.320 Sembako   |   18:30 . Live Streaming: Rukyatul Hilal 1 Syawal 1442 H   |   18:00 . Hilal 1 Syawal Tak Terlihat, Puasa Digenapkan 30 Hari   |   17:00 . Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H   |   12:00 . TPPI Santuni Anak Yatim dan Berikan Paket Sembako ke Duafa   |   09:00 . Koramil Widang Santuni 1.080 Janda Miskin dan Yatim   |   08:00 . Jelang Idul Fitri, Pesanan Paket Hampers Lebaran Meroket   |   19:00 . Fakta Baru, Ini Cerita Kepala Madrasah yang Jadi Sasaran Pengrusakan   |   15:00 . Dirregident Korlantas Polri Pantau Penyekatan di Perbatasan Jatim-Jateng   |   14:00 . Bantuan Sembako untuk 3.256 KPM di Kecamatan Kerek Dicek Ketat   |   11:00 . Tiga Perusahaan Sektor Pertambangan Selesaikan Aduan THR   |  
Wed, 12 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Begini Cara Setiajit Jawab Keluhan Petani Soko

bloktuban.com | Saturday, 06 June 2020 11:00

Begini Cara Setiajit Jawab Keluhan Petani Soko

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com  – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pemerintah provinsi Jawa Timur Setiajit merespons cepat saat mendengar keluhan petani.  Petani dari tiga desa di Kecamatan Soko, yakni Desa Sandingrowo, Desa Sokosari dan Desa Simorejo didatangi. Setiajit ketemu langsung dengan petani di desa ini di areal sawah.

 

Bukan datang dengan tangan kosong, Setiajit menemui para petani di sawahnya dengan membawa bantuan alat pembasmi hama tikus. Alat itu semacam kompor dengan bahan gas untuk memantik api.

 

Bukan hanya menyerahkan bantuan, untuk menguji alat yang diberikan itu, pejabat asal Tarakan, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak ini juga memraktekkan langsung. Setiajit ikut berburu tikus bersama para petani.

 

Cara kerja alat tersebut adalah memantik api yang dialirkan pada selang khusus dengan ujung berupa regulator untuk mengatur besar kecilnya api yang dihasilkan. Untuk membasmi tikus, alat ini disemprotkan ke dalam lubang tikus yang sebelumnya sudah diberi belerang.

 

‘’Asap dari belerang yang dibakar inilah yang membunuh tikus,’’ ujar Joko petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Kecamatan Soko.

 

Samani, petani Desa Sandingrowo mengatakan, dalam lima tahun terakhir, petani tidak bisa menikmati panen bagus. Sebab, tanaman padinya diserang tikus. Kalau biasanya bisa panen 10-11 ton per hektar, karena diserang hama, rata-rata satu hektare hanya menghasilkan 4 ton.

 

‘’Alhamdulillah Pak Setiajit datang dengan alat ini, ini snagat membantu petani. Di desa lain, ada yang sudah tujuh tahun panen jelek terus,’’ ungkap Samani.

 

Hal yang sama disampaikan Surani dari Desa Sokosari. Dia juga mengaku pusing dengan hama tikus. Karena itu, dia berharap, bantuan yang diberikan itu bisa dimanfaatkan dan mengurangi bahkan menghilangkan hama.

 

‘’Tentu sangat baik perhatian Pak Setiajit pada petani ini. Seharus memang seperti ini pemerintah memperhatikan petani. Terimakasih bantuan Pak Setiajit ini. Semoga hajatnya untuk Tuban satu terwujud,’’ kata Surani.

 

Sementara Setiajit menjelaskan, dia menerima keluhan dari petani, banyak tikus yang menyerang. Karena itu, dia datang dan memberikan bantuan alat basmi. Sebelumnya, dia juga sudah membantu petani di Kecamatan Kerek, Singgahan, Bangilan dan Palang juga Widang.

 

Bantuan itu berupa alat dan obat membasmi hama. Bukan hanya hama tikus, namun juga obat untuk hama ulat dan sundep. Juga rumah burung hantu sebagai predator alami pemburu tikus juga diberikan.

 

‘’Kami ingin dekat petani. Selama bisa keluhan para petani itu kita bantu. Dan alhamdulillah kita bisa. Kasihan hasil panennya merosot karena diserang hama,’’ katanya.[ali/ono]

Tag : setiajit, bupatituban, bantualat, basmihama, petani, soko, tuban

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more