Tiga Bayi Jadi PDP Baru

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali merilis data terbaru terkait perkembangan covid-19 di Kabupaten Tuban per hari Rabu (20/5/2020). 

Dari data tersebut tidak ada perubahan pada pasien confirm Positif dari hari sebelumnya, namun dari data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada perubahan yang cukup signifikan. Perubahan itu terlihat pada jumlah PDP sembuh sebanyak tujuh orang, PDP baru sebanyak 5 Orang, dan 2 PDP meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, merinci dari data PDP sembuh hari ini diantaranya adalah Laki-laki 81 tahun asal Kecamatan Merakurak, Perempuan 30 tahun asal Kecamatan Plumpang, Perempuan 20 Tahun asal Kecamatan Jenu dan Perempuan 30 Tahun asal Kecamatan Senori. 

"Selain itu adalah Laki-laki 85 tahun asal Kecamatan Tambakboyo, Perempuan 30 Tahun asal Kecamatan Merakurak dan Laki-laki 52 Tahun asal Kecamatan Merakurak," rincinya kepada blokTuban.com, Kamis (21/5/2020).

Selain itu terdapat penambahan lima PDP baru  yaitu Perempuan 26 tahun asal Kecamatan Plumpang berserta bayi perempuannya umur 2 hari, dan dua bayi perempuan umur 3 hari dari Kecamatan Plumpang yang ibu mereka ditetapkan PDP sehari sebelumnya.

"Satu lagi PDP baru tetapi sudah meninggal dunia adalah Laki-laki 39 Tahun asal Kecamatan Soko yang meninggal di salah satu Rumah Sakit Swasta di Surabaya, kesemua PDP ini hasil rapidnya adalah reaktif," jelasnya.

Try itu ada PDP meninggal dunia asal Kecamatan Palang yaitu Perempuan usia 57 Tahun, pasien ini mulai dirawat di RSUD dr. R Koesma tanggal 12 Mei 2020 dengan penyakit bawaan stroke, karena rapid reaktif maka ditetapkan menjadi PDP dan dirawat sesuai pasien covid-19.

"Almarhumah di makamkan sesuai protokol Covid-19 oleh relawan di TPU Kelurahan Panyuran Kecamatan Palang siang tadi," imbuhnya.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban,  per tgl 20/5/2020 hingga pukul 18.00 WIB yaitu jumlah kumulatif  ODP sebanyak 620 orang dengan keterangan sebanyak 491 orang selesai pemantauan dan sisanya 129 orang masih dalam pemantauan.

Sementara itu, seluruh Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 57 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 24 orang sembuh, 12 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 21 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 19 orang, terdiri dari 3 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 14 orang dalam perawatan. [ali/rom]