Sisa Pembagian PTSL 2019 Tentatif?

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pembagian sertifikat dari progam pemerintah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 lalu, yang menyasar banyak wilayah desa yang ada di Kabupeten Tuban, hingga menjelang pertengahan tahun 2020 ini rupanya belum usai dilaksanakan.

Masih ada beberapa desa yang belum terbagikan, mendapat sertifikat tanah dari program Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini. Seperti di wilayah Kecamatan Soko misalnya. Sejumlah desa, seperti Desa Simo, Desa Bangunrejo, dan sedikit wilayah desa lain belum clear membagikan program gubahan Prona itu.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Soko, Amiek Fadhori. Sekcam yang saat ini juga sebagai Penanggung Jawab Desa Simo ini, ketika dikonfirmasi blokTuban.com mengatakan bahwa sebenarnya PTSL 2019 sudah kelar semua.

"Sudah selesai semua sebenarnya, tinggal dibagikan. Karena keadaannya sekarang begini, ya ditunda dulu," kata Amiek menerangkan.

Dijelaskan lagi, hak warga atas program PTSL 2019 yang telah diikuti tempo lalu, bisa diterima paling cepat usai Hari Raya Idul Fitri atau bulan Juni 2020 mendatang. Tak dipungkiri, kemoloran pembagian PTSL 2019 ini dikarenakan dampak Covid-19 yang menjadi pandemik di segenap wilayah negeri.

"Desa Simo belum sama sekali. Kemudian Desa Mentoro, sisa sekitar enam puluhan. BPN Tuban sudah memberikan surat jika PTSL 2019 sudah jadi, tapi pembagianya tentatif. Menunggu pandemik reda," tukas Sekcam Soko kepada blokTuban.com, Minggu (3/5/2020). [feb/ito].