09:00 . STNK Rusak atau Hilang, Siapkan 6 Syarat Ini Sebelum Mengurusnya di Samsat Tuban   |   08:00 . Ini Rangkaian Bengawan Jazz Festival 2022 di Lamongan, Dimeriahkan Musisi Asal Bandung dan Lokal   |   07:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 10 Agustus 2022: Pagi Sebagian Berawan, Siang sampai Malam Hujan Ringan   |   06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Rapat Koordinasi Kilang Tuban, Dishub Rekomendasi Perluas Kajian Andalalin

bloktuban.com | Wednesday, 05 February 2020 10:00

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban telah melakukan rapat koordinasi terbatas bersama PT. Pertamina, terkait aktifitas Kilang New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban pada 4 Februari 2020 kemarin.

Hadir pula Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Fahmi Fikroni, Camat Jenu, M. Maftuchin Riza, dan perwakilan kepala desa setempat.

Ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Kepala Dishub Tuban, Muji Slamet mengatakan, koordinasi ini akan rutin dilakukan untuk mendukung progres kegiatan kilang.

Saat ini di lokasi telah ada aktifitas mobilisasi 250 truk per hari di proyek restorasi/pemulihan garis pantai yang dikerjakan oleh cucu Pertamina PT. Pbas.

"Salah satu rekomendasi kami Pertamina memperluas kajian Andalalinnya," tutur Muji Slamet, Rabu (5/2/2020).

Pertamina sendiri telah memiliki Andalalin sebelumnya. Dulu andalalinnya hanya tingkat kabupaten, karena lokasinya memang berbatasan dengan jalan kabupaten.

Berjalannya waktu karena aktifitasnya ternyata berdampak signifikan terhadap jalan nasional, maka Dishub merekomendasikan untuk membuat Andalalin dengan jalan Nasional juga.

Sehari sebelumnya, Komisi 1 DPRD melakukan sidak ke lokasi proyek kilang. Problem di lapangan yang ditemukan yaitu, pembangunan pagar yang ujungnya mengarah ke jalan desa, dan Pertamina telah mengorder PT. Pbas untuk membongkar dan mengarahkan ke arah lahan KLHK.

Temuan kedua, tingginya aktifitas kendaraan di proyek restorasi berdampak pada jalan desa. Dewan merekomendasikan PT. Pbas maupun Pertamina untuk membangun jalan baru. Jika tidak, ketika armada truk melewati jalan desa mereka mau membenahi sebagai pengguna jalan.

Steven dari PT. Pbas sebelum komisi 1 Sidak telah melayangkan surat ke Dishub. Terkait akses jalan dan lainnya sedang diproses koordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub), dan juga PUPR mengenai aturan yang berlaku terkait kewajiban dan lainnya selaku pengguna jalan.

Sementara Kadek Ambara Jaya, Project Coordinator NGRR Tuban, mengatakan Pbas sudah diorder untuk mengubah posisi bagian atas pagar menghadap kearah dalam. Untuk jalan juga PT.Pbas akan segera memperbaikinya.

Sebenarnya PT Pbas meminta Pertamina minta agar menjalin kerjasama dengan pihak desa, dan juga warga dalam pemeliharaan jalan. Tujuannya agar warga mendapatkan masukan juga dari kegiatan ini.

Intinya bagaimana partisipasi warga dari semua lapisan merasakan manfaat proyek Kilang Tuban. Terutama yang terdampak itu inti dari kegiatan ini.

"Bisa saja kami bangun jalan sementara lewat lahan KLHK, namun warga tidak bisa terlibat dalam kegiatan pemeliharaan dan pembersihan jalan," tutup Kadek. [ali/col]

Tag : Dishub, kilang, migas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat