Harga Cabai Rawit Tembus Rp60 Ribu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga komoditas bahan pokok cabai rawit di Pasar Baru Kabupaten Tuban beberapa hari ini mengalami lonjakan. Terpantau, pada Selasa (14/1/2020) harga cabai rawit merah tembus hingga Rp60 ribu per kilogram.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Dskoperindag) Kabupaten Tuban Agus Wijaya mengatakan, tren harga cabai rawit merah saat ini mengalami lonjakan. Hal itu disebabkan faktor musim tanam yang terlambat sehinga stok cabai rawit di pasar tidak banyak.

"Tren harga cabai naik, hasil kontrol di pasar saat ini harga kisaran Rp40-60 ribu per kilogram untuk cabai rawit merah," kata Agus Wijaya kepada wartawan.

Lebih lanjut, mantan Camat Montong itu mengaku tidak bisa mendatangkan pasokan cabai dari luar daerah, dikarenakan rata-rata semua daerah mengalami hal yang sama, yakni minta disuplai cabai.

"Ternyata untuk saat ini tidak bisa mendatangkan cabai dari luar daerah, karena setiap kabupaten minta disuplai cabai," tandasnya.

Kini, pihaknya memikirkan bagaimana terkait kebutuhan cabai di rumah makan atau catering, karena kalau rumah makan atau usaha catering kebutuhan cabainya pasti banyak. Sedangkan untuk rumah tangga tidak begitu banyak.

"Kalau untuk kebutuhan rumah tangga masih aman, tapi harganya masih tinggi. Sedangkan kalau rumah makan atau catering ini yang kita dipikirkan," pungkasnya.

Sekadar diketahui, untuk saat ini harga cabai keriting Rp50 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 40-45 ribu.[hud/col]